Tips dari Nicholas Saputra Untuk Jaga Privasi di Medsos

Tips dari Nicholas Saputra Untuk Jaga Privasi di Medsos

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 21:43 WIB
Nicholas Saputra
Nicholas Saputra Berbagi Tips Jaga Privasi di Medsos. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Nicholas Saputra dikenal sangat menjaga privasi dan jarang membagikan momen pribadi di media sosial (medsos). Aktor yang dikenal sebagai Rangga di film Ada Apa dengan Cinta ini berbagi tips menjaga privasi.

Menjawab salah satu pertanyaan di konferensi pers virtual peluncuran Ruang Literasi Digital kolaborasi Ruangguru dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nico mengaku tidak punya pengalaman pribadi terkait masalah privasi karena sangat menjaganya. Namun dia belajar banyak dari pengalaman yang sering didengarnya dari orang lain.

"Teman-teman banyak yang mengeluhkan bagaimana privasinya terganggu. Tapi kadang itu muncul dari kita sendiri, apakah kita membagi terlalu banyak informasi tentang keluarga, apa yang kita lakukan misalnya," ujarnya.

Menurut Nico, perlu kontrol diri sejauh apa dan informasi apa saja yang bisa kita ceritakan di ruang digital. "Untuk privasi kita sendiri, kita harus punya kontrol seberapa luas jangkauan dari apa yang kita bagi di medsos. Kita bisa pilih fitur yang bisa lebih membatasi, itu akan sangat berpengaruh dengan jangkauan dari apa yang kita posting," sebutnya.

Selain itu, sambungnya, ada juga privasi yang berkaitan dengan orang lain yang juga harus diperhatikan. "Kalau yang berkaitan dengan orang lain dibutuhkan consent (izin), kesepakatan dengan orang tersebut apakah boleh fotonya di-share, apakah dia nyaman atau tidak. Sangat berbeda dengan jika hanya berkaitan dengan privasi diri sendiri, kita punya kontrol penuh untuk mengaturnya," urainya.

ruangguruFoto: screenshot

Tak hanya orang dewasa, brand ambassador Ruangguru ini mengatakan isu privasi juga penting di kalangan anak-anak, sehingga para orang tua perlu memiliki pengetahuan mengenai hal ini.

"Dengan anak, privasi juga penting diperhatikan, apakah terkait informasi yang diberikan, ini akan mempengaruhi keamanannya, atau kenyamanannya ketika nanti dewasa. Dengan tahu hal-hal tersebut kita bisa mengukur hal-hal apa saja yang aman di ruang digital untuk kita dan orang lain," jelas Nico.

Nico menambahkan, pengetahuan mengenai privasi adalah bagian dari literasi digital. Di saat penetrasi internet naik pesat, literasi digital di kalangan penggunanya pun perlu ditingkatkan.

"Literasi digital Indonesia masih bekerja keras agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari digitalisasi ini, dan mengurangi dampak tidak baiknya," ujarnya.

Dia berharap kolaborasi Ruangguru dan Kementerian Kominfo meluncurkan platform Ruang Literasi Digital bisa lebih luas menjangkau masyarakat, mengingat kecepatan perkembangan teknologi harus diimbangi dengan literasi digital.

"Kita seperti terkejar-kejar, di sisi lain merasa nyaman dengan perkembangan teknologi sekaligus terkaget-kaget betapa berbedanya ruang digital dengan dunia nyata. Karenanya pemahaman literasi digital adalah sesuatu yang perlu kerja sama untuk kita tingkatkan bersama-sama," tutupnya.



Simak Video "Sosok Wanita di Instagram Nicholas Saputra Bikin Netizen Cemburu"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)