Kontroversi John McAfee yang Tewas di Penjara, Pembunuhan Sampai Pajak - Halaman 2

Kontroversi John McAfee yang Tewas di Penjara, Pembunuhan Sampai Pajak

Tim - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 09:15 WIB
John McAfee
Foto: Gizmodo

Mengemplang pajak

McAfee secara terang-terangan mengaku tak mau membayar pajak selama bertahun-tahun, karena menurutnya pajak itu ilegal, seperti yang dikicaukannya pada 2019. Hal ini juga yang dipakai Kementerian Hukum AS untuk mengekstradisi McAfee setelah ditangkap di Spanyol, yaitu mengemplang pajak.

Penipuan dan pencucian mata uang kripto

McAfee dan pengawalnya Jimmy Gale Watson Jr didakwa pengadilan New York, AS atas kasus konspirasi untuk melakukan penipuan dan pencucian uang menggunakan cryptocurrency atau mata uang kripto.

Keduanya dituding mempromosikan cryptocurrency ke banyak follower Twitter McAfee untuk menaikkan harga. Menurut jaksa penuntut, uang itu kemudian diduga dijual dan membuat mereka meraup jutaan dolar. Baik McAfee maupun Watson belum mengomentari tuduhan tersebut. McAfee saat ini masih ditahan di Spanyol karena kasus pajak, menunggu ekstradisi ke AS.

Diberitakan sebelumnya, John McAfee ditemukan tewas di sel penjara Barcelona beberapa jam setelah pengadilan Spanyol setuju mengekstradisi dirinya ke AS untuk menghadapi tuduhan penggelapan pajak. Juragan antivirus ini meninggal diduga karena bunuh diri.

Kepolisian regional Catalan, Mossos d'Esquadra, mengkonfirmasi hal tersebut. Pria berusia 75 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya di penjara Brians 2 dekat Barcelona, Rabu malam waktu setempat.

Dalam sebuah pernyataan, departemen kehakiman Catalan mengatakan bahwa petugas penjara dan petugas medis telah mencoba menyelamatkan nyawa McAfee, sayangnya tetapi tidak berhasil.



Simak Video "John McAfee Meninggal, Berikut Perjalanan Hidup Sang Ikon Antivirus"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)