Bill Gates Bela Donald Trump: Blokir Permanen Facebook Tindakan Ekstrim

Bill Gates Bela Donald Trump: Blokir Permanen Facebook Tindakan Ekstrim

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 22:23 WIB
Donald Trump lolos dari pemakzulan: Apa dampak bagi dirinya, Joe Biden, dan Amerika Serikat?
Bill Gates sebut tindakan blokir akun Facebook Donald Trump adalah tindakan ekstrim. Foto: BBC World
Jakarta -

Dewan pengawas di Facebook akan memutuskan dalam beberapa minggu mendatang apakah mantan presiden Donald Trump harus mendapatkan kembali akses ke platform atau menghadapi larangan permanen. Bill Gates pun angkat suara dan membela Donald Trump.

Gates yang dianggap sebagai mentor oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg mempertimbangkan keputusan yang akan datang dan mengatakan kepada Yahoo Finance. Pria yang merupakan seorang filantropi dan aktif dalam ranah pemanasan global juga vaksin ini beranggapan bahwa larangan permanen Trump akan sangat memalukan dan menjadi tindakan ekstrim.

Tak hanya itu, Gates memperingatkan, langkah seperti itu akan menyebabkan polarisasi. Sebab, pengguna dengan pandangan politik yang berbeda bisa terpecah di berbagai jejaring sosial.

"Kalau dia menyebarkan kebohongan tentang integritas pemilu, apakah itu perlu diberi label? Apakah dia sebenarnya kurang penting dalam hal menimbulkan masalah di masa depan daripada di masa lalu?" kata mantan CEO Microsoft tersebut.

"Tapi sayang sekali jika mereka harus melakukan tindakan ekstrim seperti itu," tambahnya.

Gates lebih setuju pada pendekatan yang lebih moderat yang diambil oleh Facebook sebelum penangguhan, di mana perusahaan memberi label pada postingan yang bermasalah. Dia mencatat bahwa apa yang Trump ucapkan di masa depan mungkin tidak memerlukan tindakan dramatis karena kata-katanya kemungkinan akan berdampak lebih kecil karena ia sudah menjadi mantan presiden.

Diketahui Facebook tanpa batas waktu menangguhkan akun Trump di Facebook dan Instagram pada 7 Januari, sehari setelah pendukung Trump menyerang Capitol. Twitter secara permanen melarang Trump pada 8 Januari. Demikian melansir Yahoo! Finance.



Simak Video "Usai Dicekal dari Twitter dan Facebook, Trump Siap Bikin Medsos Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)