Dorong Bisnis & Tren Industri Fashion, Shopee Gelar 3.3 Fashion Sale

Dorong Bisnis & Tren Industri Fashion, Shopee Gelar 3.3 Fashion Sale

Inkana Putri - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 21:19 WIB
Shopee turut memperkuat industri fashion melalui kampanye 3.3 Fashion Sale sekaligus membantu para industri fashion dalam beradaptasi.
Foto: dok. Shopee
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap gaya hidup masyarakat di Indonesia. Adanya keterbatasan saat ini membuat masyarakat mulai menjadikan belanja daring sebagai opsi alternatif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal inilah juga yang kemudian membuat berbagai kegiatan usaha diharuskan untuk beradaptasi, termasuk bisnis di industri fashion.

Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia, Adi Rahardja mengatakan perubahan gaya hidup tersebut secara tak langsung berdampak terhadap industri fashion di Shopee. Hal ini terlihat dari meningkatkan pesanan kategori fashion selama pandemi.

"Perihal dampak pandemi ke perkembangan industri fashion di Shopee, perubahan pola perilaku masyarakat tentu berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap pengguna kami. Di tengah pandemi, kami melihat upaya mitra brand untuk terus mengembangkan dalam kanal online secara adaptif," ujar Adi dalam Media Gathering 3.3 Fashion Sale, Rabu (10/2/2021).

"Kami melihat kategori ini secara spesifik punya ruang gerak karena kategori ini bukan hanya berpakaian, tapi juga gabungan dari bisnis, tren, dan gaya hidup. Secara umum kategori fashion tetap mengalami pertumbuhan, dari Maret hingga Desember 2020, pesanan kategori fashion meningkat 2,5 kali lipat," imbuhnya.

Melihat hal ini, Shopee turut memperkuat industri fashion melalui kampanye 3.3 Fashion Sale sekaligus membantu para industri fashion dalam beradaptasi. Adi juga menjelaskan kampanye ini merupakan inisiatif Shopee sebagai solusi dalam menghadirkan produk fashion terkini, stylish, dan berkualitas bagi pengguna melalui berbagai promo mulai dari 8 Februari - 3 Maret 2021.

"Hal ini juga bertujuan untuk memberikan eksposure khusus bagi para pelaku industri fashion sekaligus menjadi stimulus meningkatkan demand. Shopee hadir dengan beragam penawaran menarik seperti Gratis Ongkir XTRA, Late Night Sale semua di bawah Rp 33.000, dan Beli 3 Ekstra Diskon 30 persen," ungkapnya.

Terkait hal ini, Public Figure & Fashion Enthusiast, Febby Rastanty menyampaikan hadirnya kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale menjadi momen tepat dalam memenuhi kebutuhan fashion saat ini. Terlebih perubahan tren fashion saat ini menuntut masyarakat untuk menyesuaikan diri agar tetap up to date dan selalu tampil stylish.

"Dengan hadirnya kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale, menjadi momentum yang tepat sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tren fashion terkini. Masyarakat dapat berbelanja berbagai produk fashion pilihan dari penjual dan brand terpercaya serta melakukan transaksi pembelian dimana saja tanpa harus keluar rumah. Selain itu, ragam pilihan produk fashion yang ditawarkan memungkinkan kita untuk melakukan padu padan busana sesuai dengan keinginan dan style fashion masing-masing orang," paparnya.

Di sisi lain, CEO Erigo Muhammad Saddad mengatakan hadirnya beragam kampanye dan promo Shopee selama pandemi memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis fashionnya. Pada awal pandemi, Saddad mengaku bisnisnya sempat terganggu karena adanya pembatasan karyawan.

Sejak saat itulah dirinya mulai lebih adaptif terhadap hal yang sedang tren, termasuk melihat cara belanja konsumen selama pandemi. Terlebih Shopee menghadirkan fitur yang memudahkan seller untuk melihat tren fashion.

"Compare month to month Januari 2020 sampai Januari 2021, kita mengalami kenaikan cukup signifikan 10 kali lipat. Emang awalnya cukup terdampak, so far karena Shopee juga cukup agresif jadi perkembangannya cukup baik," ungkapnya

"Di Shopee kan keliatan barang yang laku apa, jadi sangat memudahkan kita untuk liat tren ke depan yang baik seperti apa. Tapi kalau dari kita tetap konsisten memproduksi barang dan aktif di marketing di sosial media," imbuhnya.

Sementara itu, Founder Cammomile, David Sanjaya mengatakan telah melihat adanya perubahan gaya belanja masyarakat jauh sebelum pandemi. Hal inilah yang membuat pihaknya mencari alternatif lain dengan berjualan secara online.

"Makanya cara bisnis gaya lama udah gak laku lagi saat ini. Kita usahawan harus cari alternatif dan solusi supaya kita bisa bertahan atau berkembang lebih besar lagi. Kita atur strategi dengan cara kita genjot penjualan onlinenya, terutama di Shopee," pungkasnya.

Sebagai informasi, Shopee 3.3 Fashion Sale menawarkan pengalaman berbelanja fashion online yang trendy, stylish dan berkualitas mulai tanggal 8 Februari - 3 Maret 2021. Pengguna dapat memenuhi kebutuhan fashion terkini dengan penawaran terbaik untuk beragam varian produk mulai dari atasan, bawahan, tas, aksesoris dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai 3.3 Fashion Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/3-3.



Simak Video "Warga Indonesia Juara Satu Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)