Windows 7 dan 8.1 Masih Dapat Upgrade Gratis ke Windows 10

Windows 7 dan 8.1 Masih Dapat Upgrade Gratis ke Windows 10

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 29 Des 2020 11:18 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Beberapa tahun lalu, Microsoft pernah menawarkan upgrade gratis ke Windows 10 untuk pengguna Windows 7 dan 8. Namun program tersebut (resminya) sudah disetop pada 2016.

Namun pada 2020 ini ternyata upgrade gratis ke Windows 10 masih bisa dinikmati oleh pengguna Windows 7 dan 8.1, dengan lisensi resmi tentunya. Bahkan, seorang pengguna Reddit yang mengaku sebagai pegawai Microsoft menyebut bahwa program resmi upgrade gratis resmi yang berlaku sampai 2016 itu sebenarnya hanya aksi marketing.

Dilansir XDA Developers, pengguna Windows 7 dan 8.1 sampai saat ini bisa mendapat lisensi digital Windows 10 secara gratis. Ini adalah kabar baik untuk pengguna yang masih menggunakan Windows 7, karena Microsoft sudah menghentikan dukungan untuk OS tersebut sejak Januari 2020 lalu.

Artinya, Microsoft tak lagi memberikan pembaruan keamanan ataupun menambal celah keamanan yang mungkin bakal muncul. Kecuali pengguna Windows 7 membayar biaya tambahan untuk mendapat dukungan tersebut dari Microsoft.

Cara mendapat upgrade Windows 10 secara gratis:

  • Pastikan anda menggunakan Windows 7 atau 8.1 versi asli, dan bukan lisensi versi corporate atau volume.
  • Masuk ke laman download Windows 10 dan unduh software untuk menginstal sistem operasi itu.
  • Buka software Media Creation Tool dan pilih 'Upgrade this PC now'.
  • Pilih opsi upgrade di mana anda tetap menyimpan file dan informasi dari Windows sebelumnya. Jangan pilih pilih 'fresh install', karena anda tak akan
  • mendapat lisensi Windows 10 gratis dari pilihan itu.
  • Setelah instalasi selesai, hubungkan perangkat ke internet dan buka Windows Update > Activation. Klik 'Activate', dan PC anda sudah teraktivasi lewat lisensi digital bisa terhubung dengan server Microsoft.
  • Jika aktivasi gagal, anda bisa memasukkan product key Windows 7 atau 8.1 dan mengaktivasinya secara manual.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)