Reddit Caplok Dubsmash, Mau Saingi TikTok?

Reddit Caplok Dubsmash, Mau Saingi TikTok?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Des 2020 13:53 WIB
dubsmash
Reddit Caplok Dubsmash, Mau Saingi TikTok? Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebelum heboh kemunculan TikTok, di 2014 ada aplikasi serupa yang mirip dan sempat hits di zamannya bernama Dubsmash. Kini, Dubsmash diakuisisi oleh Reddit.

Melalui blog resminya, Reddit pada Minggu (13/12) lalu mengumumkan pencaplokan tim Dubsmash yang terdiri dari 12 orang dan memboyong mereka ke Reddit yang sudah punya 700 orang. Ini adalah akuisiso besar pertama bagi Reddit sepanjang 15 tahun sejarah berdirinya.

Dikutip dari Mashable, Selasa (15/12/2020) meski diakusisi, Dubsmash akan mempertahankan platformnya sendiri dan menjadi merek yang terpisah dari Reddit. Aplikasi Dubsmash di Android dan iOS akan terus beroperasi seperti biasa, namun dengan berbagai tool pembuatan videonya diintegrasikan ke dalam infrastruktur Reddit.

Reddit saat ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan melakukan streaming video secara langsung. Namun, kemampuan pengeditan video website populer tersebut agak kurang bagus.

Jadi sepertinya, akuisisi Dubsmash diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut. Selain itu, kombinasi antara konten editorial dan buatan pengguna mungkin akan menciptakan kreativitas konten yang lebih baik.

"Transisi ke video akan lebih besar daripada transisi ke mobile," kata salah satu pendiri dan CEO Reddit Steve Huffman.

Dubsmash mengalami penurunan setelah ledakan popularitasnya di tahun 2014 hingga 2015, sebelum melakukan pembenahan pada tahun 2017. Meski masih belum sesukses TikTok, aplikasi video pendek ini menarik banyak penonton dengan berfokus pada satu demografis yang masih menggunakannya hingga sekarang yaitu kalangan remaja kulit hitam.

Karena itu, pengumuman akuisisi Reddit dan Dubsmash sangat menekankan pada keberagaman pembuat konten yang kurang terwakili. Menurut Reddit, seperempat remaja kulit hitam di AS menggunakan Dubsmash, sementara 70% penggunanya adalah wanita atau anak perempuan.

"Dengan bergabung dengan Reddit, kami memperluas kemampuan kami untuk melayani para kreator yang mewakili sumber kehidupan Dubsmash, membantu mereka terhubung, berbagi, dan memperdalam dampaknya terhadap budaya," kata pendiri Dubsmash, Suchit Dash, Jonas Drüppel dan Tim Specht.

Ketiganya lebih jauh menegaskan kembali tujuan mereka untuk menciptakan platform yang aman dan ramah bagi komunitas yang kurang terwakili.



Simak Video "Bowo TikTok Kini Lebarkan Sayap ke Dunia Sinetron"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)