TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Didownload di 2020

TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Didownload di 2020

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 11 Des 2020 14:13 WIB
aplikasi tiktok
TikTok Aplikasi Paling Banyak Didownload di 2020 (Foto: Unsplash/Kon Karampelas)
Jakarta -

TikTok jadi aplikasi yang paling banyak didownload sepanjang 2020. Berdasarkan data dari firma analitik aplikasi mobile App Annie, TikTok mengalahkan sang raja media sosial Facebook.

App Annie merilis laporan tahunannya tentang tren mobile untuk tahun ini. Data tahun 2020 menjadi lebih menarik mengingat pandemi virus Corona dan kebijakan lockdown di berbagai negara memperlihatkan betapa melekatnya aplikasi dan layanan mobile dalam keseharian kita.

Faktanya, seperti dikutip dari Fast Company, Jumat (111/12/2020) laporan App Annie menunjukkan bahwa krisis di masa pandemi virus Corona mempercepat adopsi mobile 2 hingga 3 tahun lebih maju.

Dengan percepatan itu, muncullah rekor baru. Untuk aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia di tahun ini, ada raja baru yakni TikTok yang berhasil menyalip Facebook.

Daftar dalam laporan App Annie dibagi ke dalam tiga kategori, yakni total download, belanja konsumen, dan pengguna aktif bulanan. TikTok masuk ke dalam tiga kategori tersebut.

Selain TikTok, aplikasi lain yang performanya tak kalah mengejutkan adalah Zoom. Aplikasi video conference ini masuk ke peringkat empat, naik 219 peringkat dari posisinya di tahun 2019. Pesaing Zoom, Google Meet juga masuk dalam deretan 10 besar yakni di peringkat tujuh sebagai aplikasi paling banyak diunduh.

Di kategori belanja konsumen, Tinder masih memimpin peringkat sebagai aplikasi yang meraih pendapatan terbesar, disusul TikTok di peringkat kedua, dan YouTube dengan kenaikan dua peringkat.

Untuk pengguna aktif bulanan, Facebook masih memimpin dengan empat layanannya berurutan ada di daftar teratas, yakni Facebook, WhatsApp Messenger, Facebook Messenger, dan Instagram.

Berikut ini daftar lengkap sepuluh besar aplikasi berdasarkan data App Annie dalam tiga kategori.

Aplikasi paling banyak diunduh:
1. TikTok
2. Facebook
3. WhatsApp Messenger
4. ZOOM Cloud Meetings
5. Instagram
6. Facebook Messenger
7. Google Meet
8. Snapchat
9. Telegram
10. Likes

Aplikasi yang meraih pendapatan terbesar dari belanja pengguna:
1. Tinder
2. TikTok
3. YouTube
4. Disney Plus
5. Tencent Video
6. Netflix
7. iQIYI
8. Google One
9. Bigo Live
10. Pandora Music

Aplikasi yang memiliki pengguna bulanan aktif terbanyak:
1. Facebook
2. WhatsApp Messenger
3. Facebook Messenger
4. Instagram
5. Amazon
6. Twitter
7. Netflix
8. TikTok
9. Spotify
10. Snapchat.



Simak Video "TikTok Dilarang di AS, Penggunanya Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)