Riset Donasi Digital Gopay: Gen Z Tersering, Gen X Tertinggi

Riset Donasi Digital Gopay: Gen Z Tersering, Gen X Tertinggi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 07 Des 2020 13:08 WIB
Pengguna GoPay
Ilustrasi menggunakan GoPay. Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Gopay bekerja sama dengan Kopernik meluncurkan hasil riset terkait donasi digital. Gen Z ditemukan paling sering melakukan donasi dan Gen X menyumbangkan uang paling tinggi.

Kevin Prathama selaku Associate Manager Kopernik menuturkan di sela acara 'Gopay Digital Donation Outlook 2020', Senin (7/12/2020), tentang adanya transformasi donasi dari konvensional menjadi digital selama pandemi.

"Berdasarkan hasil survei, gen milenial paling banyak, (donasi) paling tinggi dari gen x," ucap Kevin.

Semenjak pandemi COVID-19, metode berdonasi secara digital menunjukkan peningkatan di semua kategori usia. Dari 1.049 responden, gen Z mengalami peningkatan dari 35% menjadi 51%, milenial dari 31% menjadi 40%, dan gen X dari 24% menjadi 31%.

Sementara itu untuk platform digital yang paling sering digunakan dalam berdonasi adalah lewat aplikasi (42%) dan diikuti platform galang dana digital (35%).

"Untuk alasan mengapa mereka berdonasi, merasa terdorong jiwa sosial itu ada 57%, dan berdasarkan kepercayaan atau ajaran agama mereka sebanyak 38%. Isu yang mendapatkan paling banyak perhatian termasuk isu kesehatan dan keadilan sosial bagi masyarakat kecil," masih kata Kevin.

Postingan di media sosial juga berpengaruh menjadi saluran utama penyebaran inisiatif penggalangan dana. Tiga media sosial itu ialah Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Gojek dan Kitabisa paling favorit

Dalam riset yang sama, diketahui Gojek menjadi aplikasi paling sering digunakan untuk berdonasi karena kredibilitas dan pembayaran yang mudah. Dari 798 responden, 52% di antaranya memilih Gojek, disusul Kitabisa (22,3%), dompet digital lain yakni OVO (9,4%), Tokopedia (2,5%) dan Grab (2,5%).

Sedangkan untuk platform galang dana digital paling sering digunakan dengan alasan kredibilitas platform dan pembayaran yang lebih mudah, sebanyak 71% memilih Kitabisa dibandingkan platform lainnya.

Untuk situs organisasi paling sering digunakan dalam berdonasi, Dompet Dhuafa menduduki peringkat teratas (35%) disusul BAZNAS (28%). Kebanyakan memilih karena situs ini dirasa lebih terpercaya dari yang lain (16%), bisa donasi dengan jumlah beragam (12%), dan dapat menggunakan pembayaran non-tunai (12%).



Simak Video "Solusi Aman Berdonasi di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)