Faktor-faktor yang Dapat Berpengaruh pada Kecepatan Internet

Faktor-faktor yang Dapat Berpengaruh pada Kecepatan Internet

Abu Ubaidillah - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 09:57 WIB
Buffering
Foto: shutterstock
Jakarta -

Cepat atau lambatnya internet di hp tidak hanya dipengaruhi paket internet atau provider yang digunakan saja, melainkan ada beberapa faktor yang bisa menentukan internet di hp kamu cepat atau lambat.

Bagi yang belum tahu, berikut adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet di hp seperti dilansir dari Traficom.

1. Teknologi Jaringan

Kecepatan koneksi di jaringan seluler sangat bergantung pada teknologi jaringan di suatu area dan fitur perangkat terminal pengguna. Setiap teknologi jaringan, yakni 4G, 3G, dan GSM memiliki kecepatan dan area cakupan yang berbeda-beda.

Teknologi jaringan 4G memungkinkan koneksi berkecepatan tinggi, namun mungkin area cakupannya untuk setiap provider berbeda-beda. Sementara itu, jaringan 3G bisa digunakan pada area yang lebih luas namun kecepatan maksimumnya lebih rendah. Sedangkan jaringan GSM memiliki area cakupan paling luas namun transfer datanya terbatas.

2. Pengguna Lain

Kapasitas jaringan seluler dibagi kepada semua pengguna di area yang menggunakan jaringan yang sama. Semakin banyak pengguna yang menggunakan jaringan sama di suatu area, jaringan internet berpotensi melambat.

Ini juga yang menyebabkan di jam-jam tertentu, misalnya jam kerja atau siang hari, pada beberapa perangkat milik orang lain kecepatan internet tidak lebih cepat dibandingkan saat malam hari.

3. Lokasi

Terakhir yang menentukan kecepatan jaringan di perangkat seluler adalah lokasi. Setiap daerah atau lokasi memiliki kekuatan sinyal yang berbeda-beda, ini tergantung dari seberapa jauh lokasimu dari tower sinyal.

Semakin dekat dengan tower sinyal, koneksi internet di hp kamu akan semakin cepat. Begitu pula sebaliknya, semakin jauh dari lokasi tower, internet di hp kamu bisa saja melambat.

Namun seluruh faktor-faktor yang menyebabkan internet melambat tersebut bisa diminimalisir dengan menggunakan jaringan baru AXIS. Sebab jaringan AXIS didukung dengan jaringan 4.5G baru yang telah terfiberisasi dan telah menjangkau 485 kota di seluruh Indonesia.

Kamu pun tak perlu mondar mandir ke sana ke mari untuk mencari spot bersinyal tinggi, sebab di dalam kamar atau toilet pun, kamu tetap bisa internetan dengan lancar pakai AXIS untuk media sosial, browsing, streaming, hingga gaming. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.



Simak Video "Lebih dari 196 Juta Rakyat Indonesia Jadi Pengguna Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)