Gelisah Tak Bisa Medsos Saat Mati Listrik? Awas Gejala Kecanduan

Gelisah Tak Bisa Medsos Saat Mati Listrik? Awas Gejala Kecanduan

Tim - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 15:51 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone
Ilustrasi akses medsos. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Media sosial atau medsos kini sudah seperti asupan penting yang wajib 'dikonsumsi'. Menurut Statista, penggunaan media sosial harian di dunia pada tahun 2017 mencapai 135 menit per individu. Maka ketika terjadi mati listrik yang melanda sebagian wilayah, bisa jadi ada pemakai medsos dilanda kegelisahan. Awas gejala kecanduan.

Penelitian University of Singapore menunjukan para pengguna yang kecanduan dimulai saat mereka tak lagi menggunakan media sosial untuk menghilangkan kesendirian atau mengurangi stres dari pekerjaan sehari-hari. Akan tetapi, mulai menginginkan feedback terus-menerus seperti like, komentar, share atau retweet dari pengguna medsos lain.

Pengguna yang pada awalnya ingin menghilangkan stress dan depresi dengan membuka media sosial, akan tetapi nantinya akan lebih stress dan depresi karena kecanduan media sosial ini.

Secara rinci, terdapat beberapa hal yang menjadi penanda kita telah jadi pecandu media sosial atau masih menggunakan media sosial dalam batas wajar. Pertama, membuka media sosia merupakan hal pertama dilakukan ketika bangun tidur. Kedua, anda akan menghapus postingan jika tidak mendapatkan banyak like dan akan kecewa jika tidak ada komentar dari pengguna lainnya.

Kemudian, Anda akan sangat detail dan cenderung berlebihan saat memposting foto diri di sosial media. Anda juga akan lebih sering melakukan refresh pada laman media sosial, bahkan mungkin setiap menit.

Dikutip detikINET dari Forbes, jika Anda merasa telah mengakses media sosial secara berlebihan, gelisah saat mati listrik melanda, terdapat beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecanduan terharap media sosial, yaitu:

- Hapus aplikasi media sosial yang ada di ponsel anda untuk beberapa waktu, seperti satu sampai dengan dua bulan hingga anda terbiasa untuk tidak memeriksa media sosial anda di setiap waktu.

- Matikan notifikasi media sosial anda. Dengan menyalakan notifikasi, anda akan terpancing untuk lebih sering membuka media sosial

- Tempatkan ponsel jauh dari jangkauan dan perbanyak aktivitas sehingga anda tidak mudah memeriksa ponsel anda setiap waktu.

- Cobalah untuk mengunduh aplikasi yang dapat mengatur atau membatasi anda dalam menggunakan media sosial melalui ponsel anda.

- Buatlah batasan sendiri dalam penggunaan media sosial.

- Fokus pada pekerjaaan yang anda kerjakan. Sering kali media sosial menjadi penunda pekerjaan yang sedang dilakukan, maka ketahuilah prioritas hidup anda.

Media sosial sesungguhnya baik bagi seseorang untuk dapat berkomunikasi dan memiliki koneksi yang lebih luas melalui jejaring internet, namun jika dilakukan secara berlebihan, tentunya berpotensi negatif. Jadi, kalau mati listrik tenang saja, justru menjadi momen puasa medsos.



Simak Video "Terkuak! Rusaknya Circuit Breaker Jadi Penyebab Mati Listrik di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)