'Saat Suatu Layanan Gratis, Andalah Produknya'

'Saat Suatu Layanan Gratis, Andalah Produknya'

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 22 Sep 2020 21:16 WIB
Kelabakan Mati Listrik, Ini Ilustrasi Manusia Nyandu Teknologi
Ilustrasi manusia kecanduan medsos. Foto: Jean Jullien
Jakarta -

Masyarakat belakangan heboh dengan film dokumenter Netflix 'The Social Dilemma' yang membahas mengenai media sosial. Berbagai kritik tajam dari berbagai pakar terhadap raksasa teknologi, sebut saja Facebook, Google dan Twitter membuat banyak orang merasa tercerahkan.

Poin yang disampaikan para pakar ini adalah media sosial memiliki hal yang sangat penting dari diri kalian semua: perhatian dan waktu yang dihabiskan untuk scroll layar. Untuk apa? Menjualnya kepada pengiklan.

Yang paling vokal dan menjadi tokoh utama dalam film dokumenter ini adalah Tristan Harris, mantan design ethicist di Google yang terang-terang mengatakan manusia adalah produk yang dijual oleh perusahaan teknologi raksasa.

"Klasiknya, jika kamu tidak membayar untuk produk, maka kamulah produknya," kata Harris.

Bukan cuma Tristan Harris, ada Justin Rosenstein, mantan engineer di Facebook dan Google yang mengatakan hal serupa.

"Ada layanan yang kamu pikir gratis, tapi itu tidaklah gratis, mereka dibayar oleh pengiklan, pengiklan mengiklankan produk mereka kepada kita, kita adalah produk, perhatian kita adalah produk," ujarnya dalam salah satu cuplikan film.

Ini juga didukung oleh pernyataan Shoshana Zuboff, PhD, Profesor Emeritus di Harvard Business School di mana ia mengatakan setiap pembisnis membutuhkan garansi bahwa iklan mereka tepat sasaran. Bisnis inilah yang dilakukan para platform besar tersebut kepada pengiklan, mereka menjual kepastian.

"Untuk dapat sukses dalam bisnis tersebut kamu membutuhkan prediksi yang baik. Prediksi yang baik dimulai dengan 'kamu butuh banyak data'," ungkapnya.

Huft, pembahasan sekilas saja sudah bikin pusing ya. Bagi kamu detikers yang masih ingin kulikan lebih mendetail mengenai isu ini, 'The Social Dilemma' sepertinya harus masuk list film yang harus kamu saksikan minggu ini di Netflix.



Simak Video "Netflix Raih Pelanggan Baru, Namun Masih Kurang 'Menggigit'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)