Kaesang Kerjai Penipu dan Sisi Gelap Jualan Online

Round Up

Kaesang Kerjai Penipu dan Sisi Gelap Jualan Online

Tim detikcom - detikInet
Selasa, 08 Sep 2020 06:12 WIB
kaesang pangarep
Foto: Instagram/@kaesangp
Jakarta -

Kaesang Pangarep mengerjai sejumlah penipu online menjadi perhatian masyarakat. Hal ini membuka fakta sisi gelap jualan online yang merugikan masyarakat.

Putra kedua Presiden Jokowi ini pun menjadi trending di Twitter. Banyak orang mengikuti ceritanya dan berbagi pengalaman serupa. Dihimpun detikINET, Selasa (8/9/2020) beginilah duduk perkaranya:

1. Kaesang mengerjai penipu

Cuitan Kaesang soal mengerjai penipu online menjadi viral pada Senin kemarin. Hal ini berawal dari Kaesang memposting jualan online bermodus lelang pegadaian Samsung Galaxy S20 Ultra dengan harga murah. Sang penipu menyadari kalau diajak berkomunikasi oleh anak presiden dan mengaku khilaf.

Kaesang pun pernah mengerjai akun online shop penipu bermodus jualan pakaian. Dia menjebak dengan alamat Istana Bogor. Penipu pun mengembalikan uangnya. Aneka cerita ini pun ramai dibahas netizen di Tanah Air.

2. Kaesang sindir siapa?

Penipuan jualan online ibarat penyakit yang tidak berkesudahan. Sampai-sampai Kaesang pun bergerak mengerjai para pelaku dan berbagi ceritanya di media sosial.

Siapa yang disindir Kaesang? Apakah carut-marut bisnis online yang rawan penipuan, ataukah pihak-pihak yang semestinya membuat ekosistem yang aman untuk jualan online.

3. Sentilan Kaesang jadi viral

Kaesang Pangarep menyentil penipuan jualan online yang selama ini jadi keluhan masyarakat. Tweetnya jadi viral dibahas netizen dengan berbagai reaksi.

Ada yang merasa senasib, pernah ditipu jualan online sejenis. Ada yang sekalian melaporkan penipu jualan online. Ada juga yang sinis mentang-mentang Kaesang anak Presiden Jokowi. Ada pula yang mengkritik karena Kaesang memakai alamat Istana Bogor.

Yang menanggapi pun beragam. Dari akun Twitter Kementerian Kominfo sampai masyarakat biasa, dan para haters.

4. Mewaspadai jualan online

Belajar dari kejadian yang diramaikan Kaesang ini, pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan ada hal penting untuk diketahui konsumen sebelum belanja online. Yang pertama, hati-hati dengan barang yang terlalu murah.

Kedua, hati-hati dengan penjual yang mengatasnamakan lembaga atau apapun. Ketiga, ajak si penjual transaksi lewat e-commerce resmi.

5. Belajar membedakan ponsel asli dan palsu

Terkait dengan belanja online gadget, Lucky Sebastian juga mengatakan barang ini rawan modus penipuan. Konsumen harus mengedukasi diri agar terhindar dari penipuan.

Untuk ponsel, pertama-tama konsumen bisa cek IMEI-nya di imei.kemenperin.go.id. Kedua, cari informasi spesifikasi gadget dari internet. Jika IMEI-nya tidak terdaftar, atau terdaftar tapi spesifikasi yang ditawarkan tidak sesuai, waspadalah!



Simak Video "Momen Kocak Kaesang Pangarep Memergoki Penipu Online"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)