Edan, Pria Ini Habiskan 30 Tahun Memburu Alien

Edan, Pria Ini Habiskan 30 Tahun Memburu Alien

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 06:46 WIB
Memburu alien
John dan peralatan mencari alien. Foto: Guardian
Michigan -

Pria ini benar-benar terobsesi mencari alien atau makhluk luar angkasa sehingga mendedikasikan 30 tahun hidupnya untuk itu. Kisahnya menjadi bagian dari serial baru berjudul The Outer Limits yang tayang di Netflix.

John Sheperd namanya, tinggal di Michigan. Ia mulai hobi unik itu pada pertengahan tahun 1960-an saat masih bocah. "Saya ingat tergugah dengan ide membuat instrumen sendiri untuk mengeksplorasi fenomena misterius, yaitu makhluk antariksa," kata dia.

John tinggal di rumah neneknya setelah ditinggal ayahnya saat bayi. Dia gemar membaca buku sains fiksi dan ingin membuktikan sendiri apa alien memang ada. Belajar otodidak, pada umur 21 ia membuat Project STRAT (Special Telemetry Research and Tracking) untuk mencarinya.

Dimulai dengan modal seadanya, John memburu peralatan bekas dan membuat laboratorium sendiri, ruangannya penuh dengan perangkat sains. Dia bahkan mendirikan antena raksasa.

Dikutip detikINET dari IB Times, John memiliki peralatan komunikasi satelit, layar raksasa untuk memonitor sinyal, dan sejenisnya. Alat-alat itu ia gunakan untuk mengirim sinyal frekuensi rendah jauh ke antariksa untuk memancing alien.

Memburu alienMemburu alien Foto: Guardian

Kakek neneknya bahkan mendukungnya dengan bantuan dana dari tabungan mereka atau cara lain. Malah ia kemudian menambah ruangan di rumah itu untuk mengakomodasi lebih banyak peralatan. Begitulah, hidupnya dihabiskan untuk memburu alien.

Kakeknya kadang membantu mencarikan peralatan sedangkan neneknya juga tertarik dengan perburuan alien. "Dia banyak membawa inspirasi dalam hidupku," kata John.

"Seringkali orang yang lewat pada malam hari dengan mobil akan melihat cahaya berkedip dari ruang tamu dan mereka akan berhenti, bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Aku ingat sebagian orang bahkan berpikir kami membuat sistem mata-mata Rusia," kisahnya.

Akan tetapi tahun-tahun berlalu, ia belum dapat menemukan alien. Akhirnya setelah 30 tahun, ia memutuskan pensiun memburu makhluk luar angkasa karena dananya habis, mungkin pula kesabarannya. Semua peralatannya disimpan.

"Aku rindu (memburu alien), sungguh. Aku menyimpan semuanya, seperti sebuah koleksi obyek yang cantik," pungkasnya.



Simak Video "20Detik+ bersama Herbalice: RI Riset Kehidupan Alien, Hingga Presiden Prancis Dikecam"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)