Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom - Halaman 2

Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 12:44 WIB
Tokoh Teknologi
Bill Gates Jadi Tokoh Teknologi Favorit Pembaca detikcom (Foto: Istimewa)

3. Jack Ma (17,46%)

Jack MaJack Ma Foto: Reuters

Di urutan ketiga tokoh teknologi favorit pembaca ada Jack Ma dengan 17,46% suara polling. Jack Ma sebagai pendiri raksasa e-commerce Alibaba, punya pengaruh lebih besar di Asia, ketimbang tokoh teknologi Amerika.

Jack Ma telah pensiun dari Alibaba pada September tahun silam, digantikan Daniel Zhang sebagai Chairman. Jack Ma pun menyusul Bill Gates untuk aktif dalam kegiatan filantrofi.

Dia terkadang tampil dalam event sebagai narasumber berbagi ilmu dan pengalamannya. Misalnya belum lama ini, dia tampil di World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai.

Pada 13 Juli 2020, Jack Ma memangkas kepemilikan saham Alibaba dari awalnya 6,4% menjadi tinggal 4,8%. Berdasarkan harga saham terkini Alibaba, berarti ia menguangkan USD 9,6 miliar atau di kisaran Rp 138 triliun. Padahal Alibaba sahamnya lagi naik karena pandemi Corona mendorong e-commerce.

4. Mark Zuckerberg (8,28%)

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg Foto: Reuters

Bos Facebook Mark Zuckerberg ada di urutan keempat tokoh teknologi paling favorit pilihan pembaca detikcom dengan 8,26% suara. Zuckerberg belakangan jadi pemberitaan lebih karena hal-hal yang terkait dengan urusan politik

Sudah sejak lama Facebook dipakai untuk menyebarkan propaganda politik di berbagai negara, termasuk ujaran kebencian dan hoax. Akhirnya Zuckerberg pun mewujudkan Facebook Oversight Board yang akan menjadi dewan pengawas konten agar lebih tertib lagi.

Namun Zuckerberg memang dituding plin-plan terkait konten politik dan ujaran kebencian. Yang paling mencolok adalah ketika dia dianggap membiarkan konten ujaran kebencian dari Presiden AS Donald Trump.

Untuk urusan kekayaan, Zuckerberg lagi cuan. Harta CEO Facebook Mark Zuckerberg melonjak di tengah pandemi COVID-19. Hal itu membuatnya berhasil mendapat gelar orang terkaya ketiga dunia pada Mei 2020.

Saham Facebook melonjak hampir 48% selama periode Maret dan Mei selama pandemi Corona. Kekayaan Zuckerberg sekarang senilai US$ 80 miliar atau setara dengan Rp 1.160 triliun (kurs Rp 14.500/US$).