Yuk Donasikan Ponsel untuk Siswa Tak Mampu Belajar Online

Gadget Untuk Sekolah

Yuk Donasikan Ponsel untuk Siswa Tak Mampu Belajar Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 07:13 WIB
LG memperkenalkan smartphone terbaru untuk pasar Indonesia bernama LG Q6. Salah satu fitur yang diandalkannya adalah pemindai wajah.
Yuk ikutan donasi ponsel bekas. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak pelajar di Indonesia terpaksa belajar secara online dan ponsel menjadi salah satu alat yang banyak digunakan. Masalahnya banyak di luar sana pelajar yang berasal dari keluarga yang belum beruntung.

Jangankan punya ponsel, untuk memenuhi makan saja mereka kesulitan. Kondisi inilah yang mendorong Ghina Ghaliya, Jurnalis The Jakarta Post, beserta rekannya di @wartawanlintasmedia membuat program donasi ponsel untuk pelajar kurang mampu.

"Ide awalnya ada pas keluargaku lagi kasih barang bekas untuk pemulung dekat rumah. Ternyata pemulungnya minta ponsel bekas buat anaknya belajar di rumah. Rumah kami di Tangsel, sehingga kemudian miris ternyata masih ada anak di perkotaan yg terkendala belajar dari rumah karena nggak punya gawai," ujar Ghina saat dihubungi detikINET.

Beberapa bulan sebelumnya Ghina dan rekannya @wartawanlintasmedia pun mendapati sebuah keluarga yang hanya punya satu ponsel untuk ramai-ramai belajar online saat menyalurkan bantuan sembako. Selain itu ada suami dan istri ingin daftar kartu prakerja tapi hanya punya ponsel satu saja.

"Mereka harus dipakai ganti-gantian, copot pasang SIM card. Untung anaknya masih pada kecil-kecil. Hal kayak gini kan juga menghambat keluarga mencari nafkah juga di tengah pandemi," kata Ghina.

Program donasi ponsel menargetkan dapat membantu 50 anak tak mampu di kawasan Jabodetabek. Ghina dan rekannya di @wartawanlintasmedia menerima beragam ponsel pintar yang masih berfungsi baik.

"Basically harus masih nyala, touch screen, tombol power dan volume nggak bermasalah. Retak sedikit nggak papa, baterai bocor juga nggak apa-apa. Charger tak ada juga nggak masalah nanti kita belikan," terang Ghina.

Nah detikers kalau kamu mau ikutan, bisa menghubungi Ghina di 08121091543 untuk pengiriman ke Tangsel. Atau Agnes di 081294631154 untuk pengiriman ke Jakarta.

Jika tidak punya ponsel nganggur untuk bantu belajar online dapat pula mendonasikan uang lewat Kita Bisa di link berikut ini.

"Tujuan penggalangan dana di Kita Bisa untuk membelikan paket data dan aksesoris ponsel untuk anak yang menerima ponsel bekas yang kami kumpulkan," kata Ghina.

"Bila dana yang dikumpulkan mencukupi, uang akan kami gunakan untuk membeli ponsel dan memberikannya kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu di daerah lainnya," tandasnya.



Simak Video "Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)