7 Aplikasi untuk Belajar Skill dan Hobi Baru

Gadget Untuk Sekolah

7 Aplikasi untuk Belajar Skill dan Hobi Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 12 Jul 2020 14:37 WIB
Duolingo Chatbot
7 Aplikasi untuk Belajar Skill dan Hobi Baru Foto: istimewa
Jakarta -

Pandemi virus Corona masih memaksa banyak orang untuk bekerja dan belajar dari rumah. Tapi terkurung di rumah bukan berarti kalian tidak bisa belajar hal baru.

Apalagi jika pandemi ini justru memberi kalian banyak waktu luang. Daripada nongkrong di kafe atau jalan-jalan di mall yang bisa menimbulkan risiko penularan, lebih baik belajar skill dan hobi baru lewat aplikasi di rumah masing-masing.

Mulai dari belajar bahasa asing hingga belajar coding, coba gali skill tersembunyi kalian dengan tujuh aplikasi ini, yang dirangkum detikINET dari The Guardian.

1. Duolingo (Android dan iOS - gratis dengan opsi berlangganan)

Tidak perlu bayar mahal lagi untuk kursus bahasa asing karena bisa kalian pelajari lewat aplikasi Duolingo. Aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS ini menawarkan banyak bahasa asing yang bisa dipelajari seperti Inggris, Spanyol, Rusia, Arab, Korea hingga Klingon.

2. Coursera (Android dan iOS - gratis dengan opsi pembelian in-app)

Coursera menawarkan lebih dari 3.500 kursus online gratis dari banyak universitas ternama. Materi yang diajarkan pun beragam mulai dari seni, programming, sains dan bisnis, lengkap dengan instruktur dan video.

yousicianYousician Foto: Istimewa

3. Yousician (Android dan iOS - gratis dengan opsi berlangganan)

Ingin belajar main gitar tapi bingung mau kursus di mana? Daripada gitarnya dibiarkan nganggur, coba belajar dengan aplikasi Yousician. Aplikasi ini memberikan latihan singkat dengan mengambil lagu populer dan memberikan feedback.

Ingin belajar instrumen lain? Selain gitar dan ukulele, pengembang Yousician juga memiliki aplikasi lain khusus untuk belajar piano.

4. Mimo (Android dan iOS - gratis dengan opsi berlangganan)

Ingin bikin aplikasi atau game di waktu senggang? Coba belajar programming dan coding dengan aplikasi Mimo. Aplikasi ini menawarkan pelatihan untuk banyak bahasa programming seperti Python, JavaScript, SQL, PHP dan banyak lagi.

5. Yummly (Android dan iOS - gratis dengan opsi berlangganan)

Saat pembatasan sosial berskala besar diterapkan, banyak yang mendadak jadi sering masak karena khawatir beli makan di luar rumah. Agar tidak bosan makan yang itu-itu saja, tingkatkan skill kalian dengan mencoba resep baru di aplikasi Yummly.

Aplikasi ini tidak hanya menawarkan resep yang sudah jadi tapi juga bisa membantu kalian mencari ide resep baru dengan bahan-bahan yang sudah ada di dapur. Jadi makin mudah karena tidak perlu belanja ke pasar atau supermarket.

Daily YogaDaily Yoga Foto: Screenshot Play Store

6. Daily Yoga (Android dan iOS - gratis dengan opsi berlangganan)

Saat ini tempat olahraga dan gym masih banyak yang belum buka. Tapi itu bukan alasan untuk tidak berolahraga di rumah. Daripada berdiam diri di rumah, lebih baik belajar yoga untuk membakar kalori.

Daily Yoga merupakan salah satu aplikasi yang cocok untuk kalian yang masih pemula. Tidak perlu takut belajar yoga sendiri di rumah karena aplikasi ini memiliki fitur 'smart coach' yang bisa merekomendasikan latihan baru setiap hari.

7. Google Arts & Culture (Android dan iOS - gratis)

Museum dan galeri seni masih banyak yang ditutup akibat pandemi, apalagi penerbangan ke luar negeri. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa mengunjungi karya-karya seni ikonik dari seluruh dunia.

Lewat aplikasi Google Arts & Culture kalian bisa belajar lebih banyak soal seni dan budaya. Aplikasi ini menawarkan tur virtual ke lebih dari 2.000 institusi budaya di seluruh dunia menggunakan foto, video dan virtual reality.

Bagaimana detikers, sudah ada yang pernah mencoba tujuh aplikasi di atas? Atau ada rekomendasi aplikasi lain untuk meningkatkan skill dan mengembangkan hobi? Tinggalkan komentar di bawah ya!



Simak Video "Resso Ungkap Perubahan Gaya Nikmati Musik saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)