Facebook Ingin Gandeng Developer Lokal di Indonesia Timur

Facebook Ingin Gandeng Developer Lokal di Indonesia Timur

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 19:21 WIB
Ilustrasi Facebook
Facebook Ingin Gandeng Developer Lokal di Indonesia Timur (Foto: Reuters)
Jakarta -

Facebook telah meluncurkan Developer Circles untuk menjadi wadah bagi developer lokal di Indonesia. Sejak akhir tahun 2016 hingga saat ini telah ada 10 Developer Circle yang tersebar di Indonesia.

Kota-kota tersebut adalah Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar. Dari daftar tersebut, bisa dilihat jika mayoritas kota yang disasar Facebook berada di Indonesia bagian barat dan jangkauan paling timur ada di Makassar.

Facebook juga akan mendirikan Developer Circle baru di Pontianak untuk menjadi wadah bagi developer di Kalimantan. Tapi untuk menjangkau developer di wilayah timur Indonesia, Facebook tidak akan berhenti di Kalimantan dan Sulawesi.

"Kalau untuk Indonesia sendiri kita yakin talenta itu tersebar secara merata tapi sayangnya yang tidak tersebar merata itu adalah peluang dan kesempatan," kata Developer Programs Manager Facebook Indonesia Trimikha Valentius dalam diskusi online, Selasa (16/6/2020).

"Maka dari itu kita selalu membuka kesempatan untuk developer dari mana pun di Indonesia, baik dari Maluku atau pulau-pulau lainnya. Kita selalu mencari developer leader yang punya semangat dan passion untuk membangun komunitas developer di kota masing-masing," sambungnya.

Hingga tahun 2019, Facebook Developer Circles Indonesia telah memiliki 26.000 developer yang menjadi anggota. Mereka juga telah melatih sekitar 8.000 developer lokal.

Anggota komunitas ini bisa saling berinteraksi lewat grup Facebook masing-masing komunitas. Facebook juga akan menyalurkan program pelatihan regulernya lewat grup ini.

Selain itu, Facebook juga menggelar beberapa pelatihan khusus seperti pelatihan Javascript, program mentorship, kompetisi hackathon global, pelatihan untuk developer berkebutuhan khusus, dan lain-lain.

Bahkan beberapa Developer Circle ada yang sudah bisa memberikan pelatihan sendiri untuk developer di komunitasnya. Seperti Developer Circle Makassar yang memberikan pelatihan coding untuk calon developer perempuan.

"Ada pelatihan coding satu bulan dari trainer dan ada ujian untuk mereka yang kemudian mereka bisa magang di perusahaan dan startup lokal di Makassar. Ini membuat lingkungan programmer perempuan di Makassar makin besar," kata Developer Circle Leader Makassar Muhammad Aryandi dalam kesempatan yang sama.

Untuk bergabung menjadi anggota Developer Circle yang ada caranya mudah saja. Tidak ada persyaratan khusus dan developer lokal bisa langsung bergabung di grup Facebook yang ada asalkan serius ingin belajar dan menambah jaringan.

"Untuk yang mau gabung bisa langsung di grup Facebook nanti bisa langsung join dan bisa ikut event-event yang diadakan Developer Circle," kata Developer Circle Leader Pontianak Muhammad Iqbal.

"Kalau untuk pengalaman kita kan grupnya tidak semua dari kalangan profesional, kalau orang yang mau belajar soal teknologi juga bisa gabung," pungkasnya.



Simak Video " 'Selamat Datang Habib Rizieq' Dilabeli Berbahaya oleh Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)