Banyak Internet Gratis untuk Pelajar, Menkominfo Apresiasi Operator

Banyak Internet Gratis untuk Pelajar, Menkominfo Apresiasi Operator

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 17:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Apresiasi Operator (Foto: Kominfo)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate memberikan apresiasi kepada operator terhadap respon mereka ketika wabah Corona melanda. Menurutnya, operator sangat sigap dan tanggap untuk membantu negara mengatasi kondisi sekarang.

"Internet gratis untuk para guru dan dunia pendidikan saya rasa adalah tepat karena masa depan kita di situ. Respon telekomunikasi kita, mengatasi shock, dari physical space hebat. Kalau operator tidak siap bisa kita bayangkan sulitnya menghadapi situasi pandemi seperti ini," ujarnya dalam Industry Roundtable, Selasa (21/4/2020).

Melalui video conference, Menkominfo mengatakan respon strategi ini menandakan apa yang sudah dibangun dan investasikan tidak sia-sia. Dengan begitu, ia berharap upaya mencegah penularan COVID-19 bisa menjadi lebih efektif.

"Banyak yang memperkirakan, apakah akan terjadi atau seperti apa, kita jadinya khawatir. Tetapi kita meyakini usaha kita akan efektif. Telekomunikasi yang menjadi 'backbone' ini harus bekerja keras, saya percaya begitu post COVID-19 kita akan bangun lagi," tuturnya.

Ia menambahkan, perlu adanya kerjasama antar operator. Pemerintah pun terbuka untuk menerima masukan untuk membuat pengaturan yang dapat mendukung kemajuan telekomunikasi.

"Saya secara pribadi menerima berbagai usulan terkait sharing capacity dan lainnya. Pengaturan yang mendukung ini, kita bisa diskusi post COVID-19. Saya sadari peran pemerintah penting, khususnya bagian telekomunikasi," tandasnya.



Simak Video "Seputar Dugaan Serangan Hacker China ke Kementerian-Lembaga RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)