Tangisan Jack Ma Kala Meninggalkan Alibaba

Tangisan Jack Ma Kala Meninggalkan Alibaba

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Des 2019 15:02 WIB
Jack Ma jadi bintang rock saat pensiunnya. Foto: Reuters
Jakarta - Salah satu peristiwa paling banyak dikabarkan dari jagat teknologi pada tahun 2019 adalah Jack Ma pensiun dari Alibaba, perusahaan yang dibesarkannya. Berikut rangkuman kisahnya.

Pensiun Tepat di Hari Ultah

Jack Ma pensiun pada tanggal 10 September 2019 dari posisi Chairman, di mana dia digantikan oleh sosok Daniel Zhang. Kebetulan hari itu juga merupakan tanggal ulang tahun ke 55 Jack Ma.

Momen pensiun dan ultah itu dirayakan oleh Ma, antara lain dengan mengunjungi apartemennya di Hangzhou, tempat ia dulu merintis Alibaba bersama pendiri lainnya.

Jack Ma mengaku emosional mengingat kembali masa-masa itu. "Saya harap dalam 60 tahun, 80 tahun, orang-orang masih mengingat apartemen ini. Kita tidak boleh kehilangan impian dari apartemen ini," katanya dalam video yang dipajang Alibaba.

Usai pensiun, Ma dipastikan akan berkecimpung di jagat filantrofi. Ia telah mendirikan Jack Ma Foundation sejak tahun 2014. Sektor yang menarik perhatiannya adalah bidang pendidikan, lantaran Ma dulu adalah seorang guru.


"Jack Ma memberi sinyal ketertarikannya di filantrofi, lingkungan, pemberdayaan wanita, pendidikan dan pengembangan," sebut Duncan Clark, pengarang buku Alibaba: The House That Jack Ma Built.

"Sebelum berusia 70 tahun, saya bisa melakukan sesuatu di bidang lain, di area seperti edukasi," kata Ma beberapa waktu silam. Tanggal pensiun 10 September sendiri bertepatan dengan Hari Guru di China.

Ma tetap penasihat Alibaba dan anggota seumur hidup Alibaba Partnership, kelompok yang bisa menominasikan mayoritas dewan direksi Alibaba. Ia memegang 6,22% saham dan kekayaannya tembus USD 40 miliar. Namun sebagai mantan guru, ia ingin talenta muda bisa menonjol di Alibaba sepeninggal dirinya.

"Guru selalu ingin siswanya melebihi mereka, jadi tanggungjawab saya dan perusahaan adalah mempersilakan orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil peran pemimpin," kata Ma.

Jack Ma pun meninggalkan Alibaba dengan kepala tegak. November silam, ia termasuk dalam 100 orang yang mendapat penghargaan dari pemerintah China karena memberikan kontribusi besar dalam transformasi ekonomi negara itu.


Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]