Rabu, 24 Okt 2018 18:24 WIB

Mau Jadi YouTuber? Waspada Gangguan Mental Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Logo YouTube. Foto: Sean Gallup/Getty Images Logo YouTube. Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta - Semua pekerjaan pasti memiliki ancaman bahaya, termasuk bagi YouTuber profesional. Banyak YouTuber profesional yang selalu terlihat bahagia saat membuka videonya, tapi siapa sangka rutinitas mereka berpotensi mengganggu kesehatan mental mereka.

YouTuber profesional pasti dituntut untuk terus mengeluarkan konten tiap hari untuk menjaga agar subscriber mereka tidak lari. Mereka juga harus aktif di media sosial lain, berinteraksi dengan fans, serta banyak kegiatan lain di luar pembuatan konten mereka.

Menurut peneliti komunitas online dari University of California, Katherine Lo hal ini dapat memicu stres hingga gangguan pasca stres traumatis (PTSD) di kalangan YouTuber.



"Pekerjaan seperti ini kadang tidak terlihat tapi sangat melelahkan dan menjadi penyebab utama stres kerja," kata Lo, dikutip detikINET dari The Guardian, Rabu (24/10/2018).

"Dalam banyak kasus, ini dapat berkontribusi pada PTSD, terutama ketika kreator menjadi subjek pelecehan, terancam keamanan dan privasinya, atau komunitas di sekelilingnya yang tidak baik," sambungnya.

Chris O'Sullivan dari yayasan Mental Health Foundation juga mengatakan meroketnya popularitas seseorang karena video viral juga berdampak pada kesehatan mental mereka.

"Saat ini, kalian bisa menjadi superstar secara online dengan satu video viral - di usia berapa pun dan dari lokasi mana pun. Tanpa dukungan dan bimbingan, potensi untuk kelelahan karena eksposur tersebut semakin luar biasa," jelas O'Sullivan.



Lo pun mengembangkan sebuah daftar yang berisi gangguan kesehatan mental yang berpotensi dialami YouTuber:

- Kelelahan karena harus bersikap akrab dengan audiens,

- Stres karena membaca komentar,

- Kecemasan finansial terkait pengelolaan sponsor dan donasi, dan

- Tekanan untuk mengelola reputasi dan hubungan profesional di komunitas YouTuber. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed