BERITA TERBARU
Kamis, 12 Apr 2018 18:26 WIB

Ghana Pertimbangkan Azan Lewat WhatsApp

Agus Tri Haryanto - detikInet
Aplikasi WhatsApp di smartphone. Foto: Rachman Haryanto Aplikasi WhatsApp di smartphone. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah Ghana kemungkinan punya kebijakan yang tak biasa, bahkan cenderung mengarah kepada kontroversi, yakni menyerukan panggilan melakukan salat yang biasa dilakukan melalui suara azan, disarankan menggunakan pesan teks di WhatsApp.

Saat ini, Menteri Lingkungan, Sains, Teknologi, dan Inovasi Ghana Kwabena Frimpong Boateng telah meminta kepada para ulama negeri tersebut untuk mempertimbangkan azan melalui WhatsApp.

Sebagaimana dikutip dari myjoyonline dan ghanaweb, Kamis (12/4/2018) Boateng mengatakan bahwa imbauan tersebut disampaikan agar mengurangi polusi udara yang terjadi di Ghana.

"Di rumah ibadah, mengapa suara itu dibatasi. Bagaimana kalau Imam masjid mengirim pesan WhatsApp kepada semua orang bahwa waktu salat telah tiba," ucapnya.

Boateng menyadari bahwa rekomendasi menggantikan azan yang biasa dilakukan menggunakan speaker menjadi teks lewat WhatsApp bisa menimbulkan pro dan kontra. Imbauan tersebut perlu dipertimbangkan para para ulama di negeri Afrika tersebut.

Tak hanya untuk umat Islam, untuk mengurangi polusi udara, Boateng juga mengusulkan kepada umat Kristiani agar gereja-gereja setempat membatasi penggunaan alat musik yang bisa mengundang kebisingan. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fotostop: Biru Kuis

    Fotostop: Biru

    Jumat, 27 Apr 2018 10:41 WIB
    Warna biru memberikan kesan menenangkan, tenang dan juga damai. Warna biru pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. Yuk ikutan kuis fotostop detikINET.
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.