Kamis, 05 Okt 2017 11:04 WIB

Akses Internet Korut Disponsori Rusia?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Gettyimages Foto: Gettyimages
Jakarta - Meski dikenal sebagai negara tertutup, Korea Utara (Korut) nyatanya cukup lihai di dunia maya. Bagaimana negara tersebut mendapatkan akses internetnya?

Sebuah laporan mengungkapkan, Korut mendapatkan akses internet dari Rusia, tepatnya bersumber dari TransTeleCom, sebuah perusahaan telekomunikasi milik Rusia. Akses ini merupakan 'amunisi' tambahan yang diterima Korut dalam mengembangkan kemampuan di internet.

Dalam laporan yang dilansir The Washington Post, sejumlah analis internet melihat adanya koneksi yang disediakan oleh TransTeleCom untuk Korut sekitar pukul 17:30 waktu setempat pada Minggu kemarin.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (5/10/2017), TransTeleCom tidak mengkonfirmasi perihal menyediakan jalur internet kepada negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un. TransTeleCom sendiri memang menghadirkan jaringan di perbatasan Rusia dengan Korut.

Dari kacamata para pakar keamanan internet, muncul nada khawatir soal tambahan akses internet kepada Korut. Menurut mereka, akses ini bisa dimanfaatkan Korut untuk melakukan serangan atau menjadi benteng pertahanan cyber di masa mendatang.

"Secara praktik, (memiliki banyak koneksi) memungkinkan ketahanan tambahan jika salah satu koneksi tidak aktif karena sejumlah alasan," ujar Doug Madory, selaku Direktur Analisis Internet di Oracle Dyn.

Sebelum TransTeleCom, Korut juga pernah mendapatkan sokongan internet cepat dari Negeri Tirai Bambu, yaitu China Unicorn. Perusahaan telekomunikasi China itu menyediakan akses internet ke Korut selama tujuh tahun. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..