Kamis, 05 Okt 2017 11:04 WIB

Akses Internet Korut Disponsori Rusia?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Gettyimages Foto: Gettyimages
Jakarta - Meski dikenal sebagai negara tertutup, Korea Utara (Korut) nyatanya cukup lihai di dunia maya. Bagaimana negara tersebut mendapatkan akses internetnya?

Sebuah laporan mengungkapkan, Korut mendapatkan akses internet dari Rusia, tepatnya bersumber dari TransTeleCom, sebuah perusahaan telekomunikasi milik Rusia. Akses ini merupakan 'amunisi' tambahan yang diterima Korut dalam mengembangkan kemampuan di internet.

Dalam laporan yang dilansir The Washington Post, sejumlah analis internet melihat adanya koneksi yang disediakan oleh TransTeleCom untuk Korut sekitar pukul 17:30 waktu setempat pada Minggu kemarin.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (5/10/2017), TransTeleCom tidak mengkonfirmasi perihal menyediakan jalur internet kepada negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un. TransTeleCom sendiri memang menghadirkan jaringan di perbatasan Rusia dengan Korut.

Dari kacamata para pakar keamanan internet, muncul nada khawatir soal tambahan akses internet kepada Korut. Menurut mereka, akses ini bisa dimanfaatkan Korut untuk melakukan serangan atau menjadi benteng pertahanan cyber di masa mendatang.

"Secara praktik, (memiliki banyak koneksi) memungkinkan ketahanan tambahan jika salah satu koneksi tidak aktif karena sejumlah alasan," ujar Doug Madory, selaku Direktur Analisis Internet di Oracle Dyn.

Sebelum TransTeleCom, Korut juga pernah mendapatkan sokongan internet cepat dari Negeri Tirai Bambu, yaitu China Unicorn. Perusahaan telekomunikasi China itu menyediakan akses internet ke Korut selama tujuh tahun. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed