BERITA TERBARU
Jumat, 12 Mei 2017 17:31 WIB

Mimpi Chipset Lokal Xirka Jadi Seperti Qualcomm

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus/inet Foto: Agus/inet
Jakarta - PT Xirka Silicon Technology, sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang perancangan chipset semikonduktor, ingin menyaingi Qualcomm hingga MediaTek soal persaingan di pasar chipset.

Xirka sendiri baru saja merilis chipset SCard XCT136. Namun untuk tahap awal, chipset tersebut dimanfaatkan kartu identitas mahasiswa.

"Chipset SCard adalah tipe smartcard. Sedangkan kalau untuk industri smartphone maka kita menyediakan SIM card-nya dan chipset NFC untuk pendukung aplikasi smartphone," ujar CEO Xirka Sylvia W. Sumarlin di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

"Qualcomm dan Xirka adalah sama-sama desainer chipset, namun Qualcomm mendesain khusus untuk otak di dalam smartphone. Xirka mendesain SIM card yang digunakan untuk smartphone," kata Sylvia melanjutkan.

Bahkan diakui Sylvia sudah ada vendor smartphone yang mau diajak kerjasama untuk penggunaan chipset buatan Xirka. Sayang, saat ditanya siapa vendor yang dimaksud, ia enggan untuk menyebutkannya.

Sampai saat ini chipset tersebut belum resmi diluncurkan dan digunakan di ponsel pintar manapun, baru uji coba. Direncanakan chipset untuk smartphone buatan Xirka dapat dihadirkan pada tahun depan. "Diharapkan chipset untuk smartphone ini diluncurkan tahun depan," ucapnya.

Diungkapkan Sylvia, target pasar Xirxa tak hanya orang sebagai pengguna, tetapi Internet of Things. "Maksudnya segala peralatan rumah tangga juga menjadi pengguna smartcard atau chipset ini, mulai dari pengontrol di kulkas, TV, AC, dan lainnya," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, rancangan chipset SCard XCT136 secara keseluruhan dilakukan di dalam negeri oleh putra-putri Indonesia melalui pusat penelitian dan pengembangan Xirka di Bandung.

Hasil akhir dari rancangan tersebut berupa Layout Chipset dalam bentuk Photomask yang siap dicetak di atas silikon. Untuk melahirkan XCT136, setidaknya Xirka mengeluarkan investasi sebesar Rp 80-90 miliar selama satu dekade pembuatannya. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed