Apple Rilis Update iOS 16.3, Intip Deretan Fitur Barunya

Apple Rilis Update iOS 16.3, Intip Deretan Fitur Barunya

ADVERTISEMENT

Apple Rilis Update iOS 16.3, Intip Deretan Fitur Barunya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 24 Jan 2023 11:45 WIB
Jakarta -

Apple merilis iOS 16.3 dan iPadOS 16.3 secara publik setelah uji coba beta beta selama beberapa pekan. Update kali ini membawa banyak fitur baru, termasuk perbaikan untuk masalah garis yang muncul di layar iPhone 14 Pro Max.

Perubahan yang dibawa iOS 16.3 sebenarnya terbilang minor, tapi update kali ini sangat mengedepankan keamanan. Jadi bagi pengguna iPhone yang fokus pada keamanan data dan akunnya, update kali ini wajib diinstal.

Seperti dilansir dari MacRumors, Selasa (24/1/2023) berikut daftar fitur baru dan perbaikan di iOS 16.3:

1. Dukungan Security Keys

Tahun lalu Apple mengumumkan dukungan untuk kunci keamanan atau security keys yang memungkinkan pengguna menggunakan hardware seperti Yubikey sebagai pelindung tambahan untuk login ke Apple ID. Kini fitur tersebut sudah tersedia untuk semua pengguna iPhone.

Security Keys dirancang untuk menggantikan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat Apple saat login ke perangkat baru. Apple mengatakan kunci keamanan fisik memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap phishing dan akses akun tak berizin.

Security Keys bisa diaktifkan di perangkat yang menjalankan iOS 16.3 dan iPadOS 16.3 dengan cara masuk ke Apple ID lalu Security Keys dan ikuti instruksi di layar. iPhone, iPad dan Mac mendukung kunci keamanan yang memiliki sertifikasi FIDO seperti Yubikey.

2. Unity Wallpaper

Apple menambahkan wallpaper Unity baru yang dirancang untuk memperingati Black History Month yang jatuh pada bulan Februari.

3. Dukungan untuk HomePod

iOS 16.3 dan iPadOS 16.3 menambahkan dukungan untuk HomePod generasi kedua yang diluncurkan pekan lalu. HomePod 2 memiliki bentuk yang sama seperti versi originalnya, tapi dengan antarmuka sentuh yang baru, dukungan untuk sensor kelembaban dan temperatur, konektivitas Thread, chip UI, dan lain-lain.

4. Perubahan untuk Emergency SOS

Fitur Emergency SOS diperbarui untuk mencegah pengguna melakukan panggilan darurat secara tidak sengaja. Panggilan darurat tetap bisa dilakukan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas atau bawah, tapi kini tombol juga harus dilepas agar panggilan bisa diteruskan.

5. Perbaikan display iPhone 14 Pro Max

Pengguna iPhone 14 Pro Max sempat mengeluhkan munculnya garis horizontal di layar saat iPhone dinyalakan. Kini masalah tersebut sudah diatasi dengan update iOS 16.3 dan garis horizontal itu seharusnya tidak muncul lagi.

6. Sederet perbaikan bug

iOS 16.3 dan iPadOS 16.3 juga memperbaiki beberapa bug, termasuk isu dengan Freeform, isu di mana wallpaper terlihat hitam di Lock Screen, isu di mana Siri tidak merespons permintaan musik dengan baik, dan lain-lain.

Cara update dan instal iOS 16.3

  • Backup data-data di iPhone menggunakan iCloud untuk memastikan tidak ada data yang hilang
  • Buka aplikasi Settings > General > Software Update
  • Klik Download and Install
  • Ikuti petunjuk di layar dan tunggu sampai proses download selesai
  • Tunggu proses instalasi selesai untuk memastikan iOS 16.3 berhasil diinstal.
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT