Ngeri! iPhone 4 Terbakar Saat Dicas Semalaman

Ngeri! iPhone 4 Terbakar Saat Dicas Semalaman

ADVERTISEMENT

Ngeri! iPhone 4 Terbakar Saat Dicas Semalaman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 23 Jan 2023 07:20 WIB
iPhone 4 terbakar saat dicas semalaman
Ngeri! iPhone 4 Terbakar Saat Dicas Semalaman Foto: Brian Leisgang
Jakarta -

Sebuah iPhone 4 tiba-tiba meledak dan terbakar saat sedang di-charge semalaman di dapur. Parahnya insiden itu terjadi di malam hari saat keluarga pemilik rumah sedang tidur.

Brian Leisgang, yang tinggal di Ohio, Amerika Serikat bersama istrinya, Jennifer, dan lima anaknya mengaku baru menyadari telah terjadi kebakaran kecil di rumahnya pada pagi hari saat salah satu putranya melihat iPhone 4 yang sudah dalam keadaan rusak dan hangus.

iPhone 4 itu berada di atas meja dapur di dekat stop kontak. Leisgang langsung mengecek rekaman video dari kamera pengawas yang berada di dapur dan melihat iPhone 4 yang terbakar tapi untungnya apinya cepat padam dengan sendirinya.

Leisgang mengatakan keluarga dan rumahnya baik-baik saja, tapi kebakaran itu bisa saja berakhir dengan bencana. Pasalnya meja dapur itu biasanya dipenuhi dengan buku dan pekerjaan rumah anak-anaknya yang bisa saja terbakar, tapi untungnya saat itu meja dapur mereka baru saja dibersihkan.

"Kami sangat beruntung karena bisa terhindar dari kebakaran rumah," kata Leisgang dalam postingannya di Facebook, seperti dikutip dari Insider, Senin (23/1/2023).

SiPhone 4 terbakar saat dicas semalaman Foto: Brian Leisgang

iPhone 4 tersebut merupakan ponsel turunan yang diberikan Leisgang untuk digunakan oleh anaknya. Meski menyadari bahwa usia ponsel itu sudah cukup tua, Leisgang tidak menyadari ada bahaya tersembunyi yang mengintai.

"Apple tidak pernah menyebutkan ketika kami membeli produk bahwa itu akan menimbulkan bahaya kebakaran setelah bertahun-tahun digunakan. Dan sejujurnya, membiarkan anak-anak kami menggunakan ponsel itu dan mengecasnya tidak pernah terlintas dalam pikiran saya sebagai potensi bahaya," ujarnya.

Menurut Thomas Fadul, manajer di penyedia layanan perbaikan iPhone Asurion Tech Repair and Solution, iPhone lawas yang meledak dan terbakar bukan sesuatu yang umum. Fadul mengatakan insiden seperti itu biasanya terjadi karena banyak masalah yang menyebabkan ponsel overheat hingga terbakar.

iPhone 4 sendiri saat ini sudah berusia 13 tahun, dan Fadul mengatakan iPhone lawas berisiko terbakar karena kombinasi aus alami pada komponen internal dan penggunaan charger lawas. Bisa juga karena charger yang digunakan rusak, sehingga aliran listrik ke ponsel terganggu dan menyebabkan lonjakan arus listrik.

Leisgang mengatakan istrinya sudah menghubungi Apple tentang insiden tersebut, tapi ia tidak terima dengan respons yang diberikan. Kepada istri Leisgang, Apple mengatakan mereka tidak mengira pelanggannya masih menggunakan produk Apple setelah tujuh tahun, dan menyebut iPhone itu sebagai produk 'vintage'.

"Saya pikir Apple harus bertanggung jawab atas ancaman bahaya yang sangat nyata ini dan setidaknya memberikan lebih banyak kesadaran," kata Leisgang.



Simak Video "Apple Digugat Konsumen atas Tudingan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT