Bocoran iPhone 16 Pro Max, Ada Fitur Canggih Ini

Bocoran iPhone 16 Pro Max, Ada Fitur Canggih Ini

ADVERTISEMENT

Bocoran iPhone 16 Pro Max, Ada Fitur Canggih Ini

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 16:40 WIB
iPhone 14 Pro
Notch Dynamic Island di iPhone 14 Pro. Foto: Apple
Jakarta -

Meski iPhone 15 belum dirilis, bocoran terkait jajaran iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro Max sudah beredar. Yaitu kemungkinan kehadiran fitur canggih ini di dalamnya.

Menurut laporan The Elec, iPhone 16 Pro bakal menggunakan teknologi Face ID yang tersimpan di bawah layar. Ini artinya iPhone tak lagi membutuhkan notch ataupun Dynamic Island untuk menyimpan sensor infra merah yang ada di Face ID.

Pasalnya kamera TrueDepth untuk Face ID akan "sembunyi" di balik layar saat sedang tak digunakan. Alhasil layar iPhone akan terlihat penuh tanpa ada gangguan dari notch ataupun sejenisnya.

Sayangnya menurut laporan tersebut, notch akan tetap ada di iPhone 16 Pro tersebut. Bukan untuk menyimpan sensor Face ID, melainkan untuk menyimpan kamera depan. Namun tentu ukuran notch tersebut akan lebih kecil karena hanya dipakai untuk menyimpan kamera depan.

Nantinya Apple memang akan menyimpan kamera depan ini di bawah layar, namun hal itu baru akan terjadi pada iPhone generasi selanjutnya, demikian dikutip detikINET dari Macrumors, Senin (16/1/2023).

Sebelumnya analis DSCC Ross Young pernah mengungkap roadmap iPhone pada Mei 2022. Dalam kicauannya di Twitter, Young meramal kalau iPhone 16 masih menggunakan notch Dynamic Island berbentuk pill dan bulatan, sementara iPhone 16 Pro menggunakan punch hole dan Face ID yang tersimpan di bawah layar.

Sementara untuk Face ID dan kamera depan yang tersimpan di bawah layar, menurut Young, baru akan terjadi di iPhone 18 Pro yang -- seharusnya -- dirilis pada 2026. Menurutnya kamera bawah layar ini membutuhkan waktu lama untuk diimplementasikan karena tingkat kesulitan teknis yang tinggi, dan penyuplai komponen butuh waktu lama untuk memenuhi persyaratan kualitas kamera yang ditetapkan oleh Apple.

Masuk akal memang analisis Young ini, karena teknologi kamera bawah layar saat ini memang sudah diterapkan oleh sejumlah pabrikan seperti ZTE dan Samsung. Namun kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera ini belum optimal karena lensa kamera terhalang oleh layar.



Simak Video "Rumor iPhone 16 Pro: Punya Kamera Face ID Bawah Layar"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT