Apple Mau Bikin 'iPad' Buat Kontrol Smart Home

Apple Mau Bikin 'iPad' Buat Kontrol Smart Home

ADVERTISEMENT

Apple Mau Bikin 'iPad' Buat Kontrol Smart Home

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 20 Jan 2023 13:50 WIB
Google Nest Hub
Google Nest Hub. Foto: CNN
Jakarta -

Selain merilis deretan Mac baru dengan chip M2, Apple juga merilis smart speaker baru, yaitu HomePod generasi dua. Ke depannya, Apple disebut mau membuat smart display untuk mengontrol smart home.

Smart display ini mungkin akan serupa dengan Echo Show milik Amazon dan Nest Hub milik Google. Sementara untuk smart display bikinan Apple, kemungkinan akan serupa seperti iPad versi murah yang bisa dipasang di tembok atau di tempat lain menggunakan magnet.

Lewat perangkat ini, pengguna bisa mengontrol berbagai perangkat smart home seperti thermostat, lampu, sampai melakukan panggilan video lewat FaceTime, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (20/1/2023).

Mungkin Apple mau merilis perangkat seperti ini karena popularitas smart display di pasaran terbilang tinggi. Seperti Echo Show ataupun Nest Hub. Meski smart display bikinan Apple itu mungkin akan sedikit terlambat karena kabarnya baru akan dirilis pada 2024 mendatang.

Namun ada juga opsi berupa home stand untuk dipasangkan ke jajaran iPad yang sudah ada, dan menyulapnya menjadi sebuah smart display. Kabarnya, Apple sudah mempertimbangkan opsi ini juga.

Untuk saat ini, pengontrol perangkat smart home Apple sebatas memakai HomePod, yang varian terbarunya kini dilengkapi layar dan punya sensor kelembapan dan termometer.

HomePod generasi ke-2 ini masih menggunakan driver woofer berukuran 4 inch seperti versi sebelumnya. Namun untuk tweeter-nya diganti dari tujuh menjadi lima. Ada juga empat mikrofon far field baru yang menggantikan enam mikrofon yang dipakai di HomePod generasi pertama. Lalu ada sebuah mikrofon untuk mengkalibrasi suara frekuensi rendah atau bass.

Di dalamnya ada system on a chip (SoC) Apple S7 untuk melakukan computational audio dan melakukan koreksi suara sesuai dengan posisi speaker dan pengguna. HomePod ini juga bisa dipasangkan dengan HomePod lain untuk menjadikannya sepasang speaker stereo, dengan syarat HomePod yang dipasangkan berasal dari varian yang sama.

Soal sensor kelembapan dan temperatur yang ada di HomePod ini sebenarnya juga ada di HomePod Mini yang harganya jauh lebih murah (USD 99), namun tidak diaktifkan oleh Apple. Kabarnya sensor tersebut akan diaktifkan di HomePod Mini dalam beberapa waktu ke depan.

HomePod generasi ke-2 ini dijual dengan harga USD 299, sama seperti HomePod versi pertama yang kini sudah tak dijual lagi, dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu putih dan abu-abu.



Simak Video "Apple Digugat Konsumen atas Tudingan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT