Melihat Kecanggihan Prosesor Monster Apple Terbaru, M2 Pro dan M2 Max

Melihat Kecanggihan Prosesor Monster Apple Terbaru, M2 Pro dan M2 Max

ADVERTISEMENT

Melihat Kecanggihan Prosesor Monster Apple Terbaru, M2 Pro dan M2 Max

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 18 Jan 2023 14:46 WIB
Jakarta -

Apple memperbarui lini MacBook Pro 14 dan 16-nya dengan chip Apple Silicon terbaru, yaitu M2 Pro dan M2 Max. Sekencang apa sih?

Kedua chip baru ini dijanjikan punya efisiensi daya dan performa yang sangat tinggi, dengan CPU hingga 12 core dan GPU hingga 19 core (M2 Pro) atau hingga 32 core (M2 Max). Cuma jumlah core yang lebih banyak? Tentu tidak.

Menurut klaim Apple, dua chip anyar ini punya performa yang 'pro' dan efisiensi daya yang tanpa tanding dibanding pesaing-pesaingnya, dan hanya Apple yang punya chip semacam ini.

"Hanya Apple yang membangun SoC (system on a chip-red) seperti M2 Pro dan M2 Max. Keduanya menghadirkan performa pro yang sangat hebat dan efisiensi daya yang paling tinggi di industri," kata Johny Srouji, SVP Hardware Techologies di Apple.

"Bahkan dengan CPU dan GPU yang lebih bertenaga, dukungan sistem unified memori yang lebih besar, serta media engine canggih, M2 Pro dan M2 Max merepresentasikan peningkatan luar biasa di Apple Silicon," tambah Srouji dalam keterangan resminya itu.

Apple M2 Pro
M2 Pro dibuat menggunakan teknologi 5nm generasi ke-2, dan punya 40 miliar transistor di dalamnya, atau 20% lebih tinggi dibanding M1 Pro, dan dua kali lebih banyak dibanding M2.

Bandwidth memorinya hingga 200GB/s, atau dua kali lebih besar dibanding M2, dan unified memory low latency dengan kapasitas hingga 32GB. CPU yang punya core 10-12 ini terbagi menjadi hingga delapan core kencang dan empat core hemat daya, yang diklaim menghasilkan performa multithreaded CPU 20% lebih kencang dibanding CPU M1 Pro.

Performa multithreaded ini akan berdampak pada penggunaan aplikasi semacam Photoshop ataupun Xcode, yang bisa memanfaatkan semua core dan thread di CPU.

Sementara di sektor GPU, jumlah corenya hingga 19 core, lebih banyak tiga core dibanding M1 Pro dan punya L2 cache yang lebih besar. Kecepatan pengolahan grafis diklaim 30% lebih kencang dari M1 Pro, yang berdampak besar pada kemampuan pemrosesan gambar, juga -- katanya -- bisa menghasilkan kualitas game yang grafisnya setara konsol.

Penjelasan M2 Max ada di halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT