Keren! Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap Pakai OPPO Find X Series

Keren! Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap Pakai OPPO Find X Series

Keren! Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap Pakai OPPO Find X Series

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Minggu, 13 Nov 2022 18:15 WIB
OPPO Find X5 Pro 5G
Foto: dok. OPPO Indonesia
Jakarta - Sejak meluncur pertama kali pada tahun 2011 silam, OPPO Find X Series mengalami banyak perubahan. Tidak hanya menghadirkan performa mulus, seri ponsel ini juga dibekali fitur-fitur unik yang beda dari lainnya.

Kehadirannya pun dinilai mempermudah para seniman Tanah Air untuk menghasilkan karya yang berkualitas tinggi. Merangkum berbagai sumber, ini dia deretan karya seni buatan anak muda bangsa yang dibuat menggunakan OPPO Find X Series.

1. Serial 'Tidak Ada New York Hari Ini- Supported by Oppo Indonesia

Pandemi bukan penghalang bagi pelaku seni dan kreatif untuk melahirkan karya unik dan inspiratif. Hal ini dibuktikan oleh Miles Films yang merilis serial ilustrasi puisi 'Tidak Ada New York Hari Ini - Supported by OPPO Indonesia'. Program ini menampilkan empat ilustrasi puisi karya Aan Mansyur, yang dikemas dalam format film animasi pendek. Dalam prosesnya, Miles Films bersama OPPO Indonesia turut menggandeng seniman Indonesia, seperti Wulang Sunu, Lala Bohang, Rhesa, dan Pinot serta Nicholas Saputra sebagai narator.

Creative Strategic Planner OPPO Indonesia Andri Hilary mengatakan sebagai produk flagship OPPO, OPPO Find X2 Series menghadirkan teknologi yang mendukung kreativitas dan menginspirasi masyarakat.

"Serial ilustrasi puisi itu juga menunjukkan komitmen OPPO dalam mendukung industri seni dan kreatif Indonesia yang berusaha bangkit di masa pandemi COVID-19," ujar Andri dalam keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap dengan OPPO Find X SeriesOPPO Find X2 hadir dengan teknologi layar 10 Bit yang dapat menampilkan 1,073 miliar warna, resolusi 2k HDR (High Dynamic Range) dan refresh rate 120 Hz. Foto: OPPO

Dikatakannya, OPPO Find X2 Series mengunggulkan kamera terbaik di kelasnya. Sehingga mampu menghasilkan gambar serta video berkualitas dengan warna yang kaya.

2. Film Siklus, Dedari, dan You and Me in Low Angle

Setahun berselang, OPPO Indonesia kembali menggandeng kenamaan Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kolaborasi kali ini langsung melibatkan 3 sutradara top untuk membuat film pendek. Mereka adalah Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza.

Ketiganya didapuk sebagai Oppo CineFinders untuk menghasilkan tiga film pendek dengan tema dan konsep yang berbeda, menggunakan kecanggihan kamera Oppo Find X3 Pro 5G. Adapun ketiga film yang dirilis tersebut berjudul Siklus, Dedari, dan You and Me in Low Angle.

Sebagai sutradara kawakan, Garin telah mencicipi berbagai jenis kamera dengan teknologi yang serba-terbatas dalam pembuatan film, mulai dari kamera 8 milimeter (mm), 15 mm, hingga 35 mm. Namun menurutnya ponsel OPPO memiliki fitur kamera canggih sehingga memungkinkan merekam video dengan kualitas tinggi. Di antaranya fitur kamera wide yang mampu mengambil gambar lebih lebar dan detail.

Garin menyebut seluruh fitur OPPO Find X3 Pro 5G juga dapat dieksplorasi dan disesuaikan baik untuk kebutuhan personal maupun profesional.

"OPPO menyediakan teknologi pengambilan gambar yang canggih meski hanya melalui OPPO Find X3 Pro 5G. Hal tersebut bisa dilakukan dalam satu genggaman saja," kata Garin.

"Smartphone itu juga memiliki bobot ringan, adaptasi warna yang bagus, dan kualitas kamera yang tajam," imbuhnya.

Diketahui, Garin menggarap film berjudul 'Siklus', yang dibuat dengan format vertikal untuk memanfaatkan layar ponsel. Film ini sendiri menceritakan kisah seorang gadis penari yang menemukan benda-benda misterius.

Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap dengan OPPO Find X SeriesGarin Nugroho saat syuting film 'Siklus' menggunakan OPPO Find X3 Pro 5G. Foto: OPPO

Hal senada diungkapkan Riri. Riri mengaku takjub dengan teknologi yang dimiliki smartphone flagship terkini. Karena mampu menghadirkan fitur kamera dengan kepekaan lensa yang baik. Serta sudah beresolusi tinggi sehingga gambar yang ditangkap memiliki ketajaman setara kamera profesional. Tak heran, gadget ini mampu menjadi alat perekam gambar untuk pembuatan film.

"Smartphone bisa digunakan untuk mengambil gambar dari sudut yang tak terbayangkan bila dibandingkan kamera profesional dengan ukuran lebih besar," kata Riri.

Lebih lanjut Riri menjelaskan OPPO Find X3 Pro 5G dibekali spesifikasi dan fitur yang dibutuhkan dalam pembuatan film. Mulai dari AI Highlight Video, 4K Cinematic Mode, RawPlus, hingga AI Scene Enhancement.

3. Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu

Deretan Serial-Film Pendek Ini Digarap dengan OPPO Find X SeriesNicholas Saputra dalam film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu. Foto: OPPO

Dua tahun berselang, sineas papan atas Tanah Air, yakni Riri Riza bersama Miles Film berduet untuk menciptakan film pendek berjudul 'Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu'. Pada proyek ini, keduanya turut berkolaborasi dengan Nicholas Saputra.

Diketahui, Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu bercerita tentang seorang penulis bernama Rhun (diperankan Nicholas Saputra) yang terpikat oleh pembaca novelnya. Yang menarik, film dengan durasi 30 menit ini digarap dengan menggunakan kamera pada OPPO Find X5 Pro 5G.

Chief Marketing Officer OPPO Indonesia Patrick Owen mengatakan OPPO merasa bangga bisa kembali berkolaborasi dengan sutradara sekaligus figur CineFinders, yakni Riri Riza.

"Kolaborasi tersebut merupakan bentuk komitmen OPPO terhadap industri kreatif Tanah Air, termasuk film," ujar Patrick.

Sementara itu, Riri menjelaskan pada kolaborasi kedua bersama OPPO dirinya mencoba lebih mengeksplorasi berbagai teknik pengambilan gambar menggunakan smartphone OPPO Find X5 Pro 5G.

"Tidak mudah melakukan pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya guna menampilkan suasana romansa misteri," ucap Riri.

Menurutnya, teknologi dan fitur canggih pada OPPO Find X5 Pro 5G mampu mengatasi masalah tone warna gelap, yang kerap menjadi kendala dalam menampilkan emosi pemain.

Di sisi lain, Produser Miles Films Mira Lesmana juga mengaku senang dapat mendesain produksi untuk film pendek. Karena dirinya beserta tim produksinya dapat merancang ide cerita yang unik dengan lebih bebas dan budget terjangkau.

"Kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja bisa membuat film dengan smartphone. Perangkat ini memudahkan sineas muda untuk dalam pengambilan gambar untuk karya-karya film mereka," kata Mira.

Sementara itu, aktor sekaligus Brand Ambassador OPPO Indonesia Nicholas Saputra menyebut tantangan dalam pengambilan gambar yang sulit dipermudah berkat inovasi teknologi yang dihadirkan OPPO Find X5 Pro 5G.

"Hasil pengambilan gambar dengan kamera OPPO Find X5 Pro 5G setara dengan kamera profesional," ujar pria yang akrab disapa Nico itu.

OPPO Find X5 Pro 5GVarian OPPO Find X5 Pro 5G hadir dalam dua pilihan warna, Ceramic White dan Glaze Black. Foto: OPPO

Dikatakannya, teknologi Ultra Night Video berkualitas 4K dan chip neural processing unit (NPU) MariSilicon X sangat membantu para pelaku industri kreatif.

Seperti diketahui, OPPO Find X5 Pro 5G diklaim sebagai smartphone pertama yang dibekali fitur video Ultra Night Video dengan kualitas 4K. Dikombinasikan dengan artificial intelligence noise reduction (AINR) serta 3D noise reduction (3DNR), fitur tersebut dapat memaksimalkan detail dan rentang dinamis video.

Di samping itu, flagship smartphone tersebut juga memiliki fitur dual flagship camera, yakni kamera utama dan ultra-wide yang memiliki sensor Sony IMX766 beresolusi 50 megapiksel (MP). OPPO Find X5 Pro 5G juga menggunakan lensa kamera berbahan kaca yang dapat mengurangi penyimpangan hingga 77 persen ketimbang lensa berbahan plastik, serta meningkatkan akurasi warna.

Simak Video: "OPPO Cinefinders | Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu by Riri Riza"



Simak Video "Melihat Langsung Proses Produksi Oppo Smartphone di Pabriknya"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)