Sederet Fakta Pabrik Baru OPPO Seluas 10 Hektare di Tangerang

Sederet Fakta Pabrik Baru OPPO Seluas 10 Hektare di Tangerang

ADVERTISEMENT

Sederet Fakta Pabrik Baru OPPO Seluas 10 Hektare di Tangerang

Sukma Nur Fitriana - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 20:05 WIB
Pabrik baru OPPO di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten.
Foto: dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

OPPO baru saja membuka OPPO Manufacturing atau pabrik baru yang terletak di Kawasan Periuk, Kota Tangerang dan mulai beroperasi sejak bulan Agustus lalu. Pabrik ini menggantikan pabrik lama yang berlokasi tidak jauh dari pabrik baru saat ini, hanya berbeda wilayah administratif.

Pabrik baru OPPO yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektare ini dapat menyerap ribuan tenaga kerja dan menghasilkan produksi ponsel OPPO berkelas dengan sistem modern. Selain itu, ada beberapa fakta tentang pabrik OPPO tersebut.

Dulu 2,7 Hektare, Kini 10 Hektare

Sebelumnya OPPO telah melakukan topping off pabrik pertamanya di Desember 2014. Pabrik tersebut mulai beroperasi pada Mei 2015.

Pabrik lama tersebut dibangun di lahan seluas 2,7 hektare yang diperuntukkan lini produksi besar dan lini produksi kecil. Kini untuk menunjang lini produksi besar, OPPO membangun pabrik baru yang dibangun di lahan seluas 10 hektare dan mulai beroperasi pada bulan Agustus 2022 lalu.

Fasilitas Pekerja di Pabrik Baru OPPO

Pabrik baru OPPO memperhatikan kesejahteraan karyawannya dengan beragam fasilitas. Dimulai dari fasilitas olahraga, di pabrik ini tersedia lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, voli,tenis meja, meja biliar sampai gym.

Untuk fasilitas kesehatan, telah disediakan klinik yang bisa dimanfaatkan oleh karyawan. Klinik ini juga mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh karyawan secara berkala setiap tahunnya.

Tak hanya itu, masih ada kantin yang terdiri dua lantai yang mampu melayani 1.000 pekerja. Ada juga musala yang dapat menampung 1.000 orang.

Sudah Dikunjungi Bos OPPO Global

Bos OPPO ke RIFoto: OPPO

Pada September 2022, pabrik baru OPPO juga sudah dikunjungi langsung oleh VP of Overseas Sales and Services OPPO, Billy Zhang. Dalam kunjungan tersebut, Billy Zhang memberikan arahan strategis untuk OPPO Manufacturing.

Serap Pekerja Lokal

Melalui pabrik ini, OPPO menargetkan akan merekrut hingga 40% pekerja lokal. Untuk itu, OPPO melakukan kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah di wilayah Kota Tangerang.

Sampai saat ini, OPPO baru menyerap 35% pekerja yang berasal dari wilayah Kota Tangerang dan akan memenuhi target pada perekrutan selanjutnya.

Produksi HP Berkualitas Pakai Sistem Modern

Produksi HP melalui pabrik ini sudah dilengkapi dengan berbagai sistem modern. Di antaranya adalah menerapkan OPPO Enduring Quality, atau berbagai pengujian komprehensif dan keandalan dalam standar produksinya.

Selain itu, dalam proses pembuatan perangkatnya juga diterapkan menggunakan OPPO Production System (OPS) yang mengadopsi Lean Manufacturing System. Di mana sistem ini telah diterapkan oleh vendor pabrik dunia.

Pabrik OppoFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sistem modern lainnya adalah OPPO menggunakan digitalisasi big data mengenai output monitoring produksinya. Output monitoring ini dilakukan secara real-time baik di mesin pada produksi maupun kualitas produk. Sehingga walaupun kini OPPO sedang memproduksi ponsel kelas menengah, untuk kualitasnya tidak bisa diragukan.

Sebagai informasi, melalui pabrik baru yang disokong dengang ribuan pekerja lokal dan kecanggihan alat dan sistem produksi, OPPO menargetkan bisa memproduksi rata-rata 1 juta unit ponsel per bulannya.



Simak Video "Melihat Langsung Proses Produksi Oppo Smartphone di Pabriknya"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT