Kisah Dramatis di Balik Keruntuhan BlackBerry - Halaman 3

Kisah Dramatis di Balik Keruntuhan BlackBerry

ADVERTISEMENT

Kisah Dramatis di Balik Keruntuhan BlackBerry

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 11 Jun 2022 05:45 WIB
BlackBerry 8520 Gemini
Ponsel BlackBerry di masa silam. Foto: Pocket Lin

Pada akhirnya sebagai langkah kompromi, manajemen setuju membuat dua versi ponsel, Z10 yang layar sentuh dan Q10 yang masih ada keyboard-nya. Z10 yang diluncurkan terlebih dahulu, tepatnya pada awal tahun 2013.

Sayangnya, semuanya dirasa sudah terlambat. Ponsel berbasis BlackBerry 10 meluncur 6 tahun sesudah perkenalan iPhone dan 5 tahun sesudah Android.

Peluncuran BlackBerry 10 sangat megah, menampilkan penyanyi Alicia Keys yang didapuk sebagai Global Creative Director. BlackBerry Z10 kemudian banyak dipuji dalam berbagai review di media teknologi.

Namun demikian, ponsel itu tidak terlalu laku. BlackBerry sudah tidak menarik minat seperti sebelumnya dan Z10 yang tidak punya keyboard serta sistemnya benar-benar berbeda, disinyalir malah membuat konsumen kaget.

"Orang yang masih ingin membeli smartphone baru dari BlackBerry adalah karena ada keyboard. Kemudian mereka meluncurkan ponsel layar sentuh. Konsumen yang ingin BlackBerry layar sentuh sudah tidak ada," kata pengamat dari S&P.

Akhirnya, ponsel BlackBerry benar-benar tenggelam. Sempat dilisensi mereknya ke beberapa produsen dan memakai Android, tetap tidak bisa bangkit. Sekarang, BlackBerry sebagai perusahaan induk fokus ke software keamanan dan masih cukup sukses.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT