Bukan Samsung Atau Xiaomi, Ini Calon HP Pertama Berkamera 200 MP

Bukan Samsung Atau Xiaomi, Ini Calon HP Pertama Berkamera 200 MP

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 26 Nov 2021 17:10 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 05: A person walks by a Motorola sign at the launch of three new Motorola smartphones under its Razr brand that will become available for Verizon customers on September 5, 2012 in New York City. The new phones, the Droid Razr HD, the Razr M and the Razr Maxx HD, will all use Googles Android operating system. Motorola Mobility was acquired by Google in August of 2011.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Bukan Samsung atau Xiaomi, Ini HP Pertama yang Akan Pakai Kamera 200 MP Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta -

Beberapa bulan yang lalu Samsung mengumumkan sensor kamera 200 MP ISOCELL HP1 pertama untuk ponsel. Saat itu mereka tidak mengungkap vendor apa yang akan menggunakan kamera generasi baru tersebut untuk pertama kalinya, tapi kini misterinya perlahan sudah terungkap.

Berdasarkan informasi dari tipster Digital Chat Station dan Ice Universe, sensor kamera 200 MP buatan Samsung akan dipakai untuk pertama kalinya oleh Motorola, bukan Samsung sendiri.

Belum diketahui ponsel Motorola apa yang akan menggunakan kamera ini, tapi Digital Chat Station mengindikasikan kemungkinan Moto Edge X akan debut dengan kamera 200 MP.

Moto Edge X sendiri akan menawarkan spesifikasi kamera yang luar biasa. Dari bocoran yang beredar, Moto Edge X akan jadi ponsel pertama di dunia yang mnggunakan kamera OmniVision OV60A 60 MP untuk mengambil selfie.

Moto Edge X juga akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan kamera OmniVision OV50A 50 MP untuk kamera belakangnya. Ponsel ini diperkirakan akan meluncur secara global dengan nama Motorola Edge 30 Ultra.

Sebelumnya Xiaomi sempat dirumorkan akan meluncurkan ponsel pertama dengan kamera 200 MP. Berdasarkan bocoran baru, Xiaomi masih menguji coba sensor tersebut dan akan meluncurkan ponsel dengan kamera 200 MP pada paruh kedua 2022.

Sementara itu, Samsung sebagai pelopor kamera 200 MP baru akan menggunakan teknologi itu untuk ponselnya pada tahun 2023. Karena jaraknya masih cukup jauh, belum diketahui apakah mereka akan tetap menggunakan sensor ISOCELL HP1 atau versi barunya, seperti dikutip dari Gizmochina, Jumat (26/11/2021).

Sensor ISOCELL HP1 buatan Samsung memiliki pixel berukuran 0,64μm. Di kondisi minim cahaya, senor ini menggunakan teknologi pixel binning bernama ChameleonCell yang bisa menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel besar.

Kedua konfigurasi ini bisa mengubah ISOCELL HP1 menjadi sensor 50 MP dengan pixel 1,28μm, atau sensor 12,5 MP dengan pixel 2,56μm. Mode 50 MP juga memungkinkan sensor ISOCELL HP1 untuk merekam video berkualitas 8K.



Simak Video "Samsung: Tren Layar Lipat dan 5G, Jadi Daya Tarik Pasar Untuk Upgrade HP"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)