Samsung Umumkan Sensor 200 MP untuk Kamera HP

Samsung Umumkan Sensor 200 MP untuk Kamera HP

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 07:15 WIB
Galaxy S21 Ultra
Ilustrasi Samsung Galaxy S21 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Setelah lama dirumorkan, Samsung akhirnya mengumumkan sensor 200 MP untuk kamera ponsel. Ini adalah resolusi terbesar yang ada di sensor kamera untuk ponsel saat ini dan merupakan yang pertama di industri.

Sensor bernama ISOCELL HP1 ini memiliki pixel berukuran 0,64μm. Dalam kondisi pencahayaan yang terang, sensor ini bisa digunakan untuk mengambil foto berukuran 200 MP.

Di kondisi minim cahaya, sensor ini akan memanfaatkan teknologi pixel-binning bernama ChameleonCell. Teknologi ini memungkinkan sensor untuk menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel besar.

Kedua konfigurasi ini bisa mengubah ISOCELL HP1 menjadi sensor 50 MP dengan pixel 1,28μm, atau sensor 12,5 MP dengan pixel 2,56μm. Samsung mengatakan konfigurasi 12,5 MP ini bisa meningkatkan penyerapan dan sensitivitas cahaya yang meningkatkan pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (2/9/2021).

Mode 50 MP juga memungkinkan sensor ISOCELL HP1 untuk merekam video berkualitas 8K. Samsung mengatakan sensor ini bisa mengambil video 8K/30fps tanpa di-crop.

Selain ISOCELL HP1, Samsung juga memamerkan sensor terbaru di lini GN yaitu ISOCELL GN5. Sensor terbaru ini tidak hadir dengan megapixel yang lebih besar, tapi justru fokus membawa peningkatan dalam autofokus.

Samsung mengatakan ISOCELL GN5 bisa membawa performa autofokus yang lebih cepat berkat penggunaan fotodioda yang lebih banyak. Sensor ini mengusung pixel 1,0μm, lebih kecil dari pixel 1,4μm yang digunakan di ISOCELL GN2.

Belum diketahui kapan sensor ISOCELL HP1 dan GN5 akan mulai diproduksi secara massal dan hadir di ponsel komersial. Samsung sendiri sudah mengapalkan sampel kedua sensor ini kepada vendor ponsel.

Rumor yang sebelumnya beredar mengatakan Xiaomi akan menjadi vendor pertama yang meluncurkan ponsel dengan kamera 200 MP di tahun 2022. Samsung juga dikabarkan akan menggunakan sensor 200 MP untuk Galaxy S22 Ultra yang diluncurkan awal tahun depan.



Simak Video "Permintaan Maaf Pangeran Samsung Usai Resmi Bebas Bersyarat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)