Google Garap Dua Ponsel Layar Lipat, Ini Bocorannya

Google Garap Dua Ponsel Layar Lipat, Ini Bocorannya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 15:30 WIB
Galaxy Z Fold 3
Ilustrasi ponsel layar lipat. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Google disebut tengah menggarap ponsel Pixel dengan layar lipat atau foldable kedua, setelah sebelumnya disebut menggarap ponsel foldable berkode 'Passport'.

Ponsel foldable kedua ini punya kode nama 'Jumbojack', yang ditemukan dalam deretan kode di Android 12, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (21/9/2021).

Berdasarkan bocoran yang ada, Jumbojack bakal mempunyai dua layar, dan salah satunya akan mati saat ponsel dilipat. Dengan informasi ini, berarti ponsel foldable Google ini bakal punya desain mirip dengan foldable Samsung, yaitu mengkombinasikan dua layar, satu besar dan satu kecil.

Hanya saja, ukuran layar di Jumbojack ini belum diketahui. Begitu juga dengan desain ponsel yang dipakai, apakah akan seperti Z Fold atau seperti Z Flip. Begitu juga dengan waktu peluncurannya yang belum diketahui.

Sementara ponsel foldable dengan kode Passport yang sebelumnya sudah beredar infonya, menurut Evan Blass, akan tetap dirilis sebelum 2021 berakhir. Ada juga yang menganggap kalau Jumbojack hanyalah prototipe untuk membantu pengembangan ponsel foldable.

Yaitu misalnya untuk pengembangan dari sisi software, seperti pengembangan fungsi multitasking di Android untuk ponsel foldable. Namun tetap saja, kemunculannya memperlihatkan keseriusan Google untuk menggarap ponsel foldable untuk menemani seri Pixel reguler, seperti Pixel 6 yang bakal dirilis dalam waktu dekat.

Sebelumnya diberitakan, Samsung Display akan mulai memproduksi layar OLED lipat untuk Google, Vivo, dan Xiaomi pada Oktober mendatang. Ponsel layar lipat dari tiga vendor ini diperkirakan akan dipamerkan pada kuartal keempat tahun 2021.

Ponsel foldable Google ini diperkirakan berukuran 7,6 inch dan akan melipat ke dalam. Sementara ponsel layar lipat Vivo akan mengusung layar utama berukuran 8 inch dan layar kedua di bagian luar berukuran 6,5 inch.

Google memang telah lama dirumorkan akan meluncurkan ponsel layar lipat. Pada tahun 2019, mereka menerbitkan paten layar lipatnya dan mengaku telah mengembangkan prototipenya.

Saat Android 12 beta diluncurkan bulan lalu, 9to5Google juga menemukan kode untuk ponsel layar lipatnya yaitu 'Passport'. Nama ini muncul dalam kode di Android 12, bersamaan dengan kode lainnya untuk Pixel 6 dan Pixel 6 5G.



Simak Video "Pengumuman! Google Rilis Pixel 6 pada 19 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)