Coocaa Hadirkan Coolita OS, Untuk Gantikan Android TV?

Coocaa Hadirkan Coolita OS, Untuk Gantikan Android TV?

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 01 Sep 2021 20:11 WIB
Coolita OS
Coolita OS di Coocaa TV. Foto: screenshot/detikINET
Jakarta -

Coocaa resmi memperkenalkan Coolita OS, ini adalah sistem operasi buatan sendiri untuk di pasang diperangkat televisinya. Untuk menggantikan Android TV yang selama ini dipakai?

Saat berbincang dengan media di Asia Tenggara belum lama ini, tim Coocaa menampik hal tersebut. Jajaran televisinya masih akan menjalankan Android TV, namun untuk televisi entry levelnya akan diberikan Coolita.

Edwin Wen, Product Manager Coocaa, menjelaskan Coolita merupakan Lite WebOS berbasis Kernel Linux. Menawarkan performa yang lancar meski perangkat TV ditenagai RAM 512 MB.

"Coolita OS menawarkan pengalaman Smart TV ringan dan lancar," katanya, Rabu (1/9/2021).

Coolita OS punya tampilan simpel dan bersih layaknya sistem operasi Smart TV kekinian. Memiliki menu pup-up setengah layar untuk memberikan pengalaman menonton yang bebas gangguan.

Pada menu atas terdapat rekomendasi tayangan yang bisa ditonton pengguna melalui CC Plus. Sementara menu di bawah terdapat deretan aplikasi yang telah terinstall, salah satunya YouTube.

Ada sejumlah fitur yang turut disertakan pada Coolita OS. Ada Game Mode yang mendukung latensi rendah kurang dari 20 ms.

Pengguna dapat mengaktifkan mode ini ketika mereka terkoneksi dengan konsol game eksternal melalui HDMI atau bergabung dalam cloud game. Saat Game Mode aktif dapat mengurangi gerakan kabur pada gambar yang bergerak dengan kecepatan tinggi, memberikan pengalaman bermain game yang mulus.

Digabungkan dengan mode Proteksi Mata yang memberikan tampilan low-blue-light yang nyaman. Tidak ketinggalan diberikan fitur CC Cast untuk memproyeksikan konten dari perangkat Android ke layar TV, mulai dari foto hingga video.

OS ini dilengkapi dengan pengingat data real-time sehingga pengguna dapat dengan mudah memantau dan mengelola penggunaan data, baik saat menonton acara TV dan film, maupun bermain game online. Pengguna dijanjikan dapat menyesuaikan kejernihan gambar dan video di aplikasi seperti YouTube sesuai dengan status koneksi jaringan Anda.

Coolita OS sudah bisa dinikmati di pasar Asia Tenggara lewat televisi Coocaa S3U yang diluncurkan bersamaan.



Simak Video "Realme Boyong Smart TV, Bisa Ngapain Aja?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)