10 Pertanyaan Umum Tentang TV Digital Beserta Jawabannya

10 Pertanyaan Umum Tentang TV Digital Beserta Jawabannya

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 28 Agu 2021 07:21 WIB
TV digital
10 pertanyaan umum tentang TV digital. Foto: Internet
Jakarta -

Indonesia bersiap migrasi dari TV analog ke TV digital, namun masih banyak masyarakat yang bingung soal ini. Nah berikut 10 pertanyaan umum beserta jawabannya untuk lebih memahami perihal migrasi TV digital di Tanah Air.

1. Apa itu TV Digital?

Televisi (TV) digital merupakan jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menangkap siaran TV digital.

2. Apa itu Siaran TV Digital?

Siaran TV digital adalah format penyiaran baru yang memungkinkan pemirsa menerima sinyal video dan audio berkualitas lebih tinggi daripada TV analog konvensional.

Siaran TV digital mentransmisikan sinyal dalam bentuk format "bit" atau data informasi. Semua data di sinyal TV digital dibawa sekaligus, seperti warna, gambar, dan suara (termasuk surround). Sementara TV analog ditransmisikan melalui sinyal radio yang terbagi dalam dua format Sinyal video ditransmisikan dalam gelombang AM, sementara audio ditransmisikan dalam gelombang FM.

Perbedaan tersebut mempengaruhi kualitas gambar dan suara antara TV digital dengan TV analog.

3. Apa kelebihan TV Digital?

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari TV digital dibandingkan TV analog. Paling utama adalah kualitas gambarnya yang jauh lebih baik, kamu tidak akan menemukan lagi gambar semut dan berbayang, audio pun tidak kresek-kresek.

Selain itu dengan siaran TV digital, dua atau tiga program dengan kualitas standar (setara dengan TV analog saat ini) dapat disiarkan pada satu saluran. Jadi kamu dapat menonton drama favorit sambil menonton siaran olahraga di stasiun televisi yang sama.

Siaran TV digital memungkinkan adanya deskripsi audio sehingga membantu mereka yang tunanetra menonton tayang televisi. Tak kalah pentingnya memudahkan kamu melihat perkiraan cuaca serta peringatan bencana, seperti gempa dan lainnya.

4. Apa kekurangan TV Digital?

Hampir tidak ada. Kalaupun penerimaan sinyal TV digital lemah menyebabkan siaran terputus-putus atau patah-patah. Bahkan tidak ada gambar bilamana perangkat televisi tidak memperoleh sinyal sama sekali.

5. Apakah bisa menonton siaran TV Digital pakai TV yang ada di rumah?

Tentu saja bisa. Kamu hanya perlu menambahkan alat bernama set top box (STB) agar TV di rumah dapat menangkap siaran digital. Bahkan bisa digunakan pada televisi tabung.

Namun jika punya budget lebih kamu bisa membeli televisi yang sudah mendukung siaran digital. Rekomendasi TV digital harga Rp 2 jutaan bisa dibaca di sini.