Exynos 2200 Lebih Kencang Dari Snapdragon 895?

Exynos 2200 Lebih Kencang Dari Snapdragon 895?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 12 Jul 2021 09:55 WIB
Samsung Exynos
Foto: Phone Arena
Jakarta -

Exynos 2200, system on a chip (SoC) besutan Samsung yang belum dirilis, muncul di laman benchmark 3DMark Wild Life. Berapa skornya?

Di laman tersebut Exynos 2200 menunjukkan skor yang impresif, yaitu 8134. Skor ini lebih tinggi dibanding Snapdragon 888, mungkin bahkan lebih tinggi dibanding SoC flagship Qualcomm yang akan datang, yaitu Snapdragon 895.

Menurut akun Twitter @TheGalox, Exynos 2200 punya kans untuk menjadi SoC Samsung pertama yang bisa lebih kencang, baik di komputasi dan kemampuan grafis, dibanding pesaingnya dari Qualcomm.

Bahkan Exynos 2200 diperkirakan akan lebih lebih kencang dalam hal kemampuan pengolahan grafis dibanding Apple A15 Bionic, meski kemampuan CPU chip Apple akan lebih kencang, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (12/7/2021).

Namun tentunya belum ada bukti yang menunjukkan kemampuan Exynos 2200 sampai akhirnya nanti Samsung merilis SoC tersebut.

Menurut sumber industri yang dikutip Korea Economic Daily, Samsung berencana merilis chip flagship tersebut pada pertengahan kedua 2021. Nah, Exynos 2200 ini bakal menjadi penantang M1 karena ditujukan untuk dipakai di bermacam perangkat, ponsel, tablet, maupun laptop.

Menurut sumber tersebut, Exynos 2200 bakal jadi chip pertama yang menggunakan GPU hasil kerja sama dengan AMD, yang sejak pertengahan 2019 sudah meneken surat perjanjian dengan Samsung namun sampai saat ini belum ada produk apa pun yang terkait kerja sama tersebut.

Chip Samsung terbaru itu akan dibuat dengan proses 5nm, yang disebut bakal meningkatkan kemampuannya, terutama pada efisiensi baterai dan kemampuan komputasinya.

Nah, Exynos 2200 ini disebut menjadi penantang M1 karena juga akan dipakai di berbagai jenis perangkat. Pada awalnya, chip ini akan dipakai di laptop dengan sistem operasi Windows, namun kemudian bakal dipakai di bermacam perangkat lainnya.

Perangkat lain yang disebut spesifik adalah ponsel, kemungkinan Galaxy S22. Jika benar bakal dipakai ponsel, maka kemungkinan besar ke depannya pun bakal dipakai di perangkat seperti Galaxy Tab S8 dan Galaxy Z Fold Tab.



Simak Video "Permintaan Maaf Pangeran Samsung Usai Resmi Bebas Bersyarat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)