Exynos 2200 Bakal Jadi Penantang Apple M1

Exynos 2200 Bakal Jadi Penantang Apple M1

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 20:30 WIB
Samsung Exynos
Foto: Phone Arena
Jakarta -

Samsung disebut tengah menyiapkan system on a chip (SoC) yang bakal menjadi penantang Apple M1. Chip tersebut diberi nama Exynos 2200.

Menurut sumber industri yang dikutip Korea Economic Daily, Samsung berencana merilis chip flagship tersebut pada pertengahan kedua 2021. Nah, Exynos 2200 ini bakal menjadi penantang M1 karena ditujukan untuk dipakai di bermacam perangkat, ponsel, tablet, maupun laptop.

Menurut sumber tersebut, Exynos 2200 bakal jadi chip pertama yang menggunakan GPU hasil kerja sama dengan AMD, yang sejak pertengahan 2019 sudah meneken surat perjanjian dengan Samsung namun sampai saat ini belum ada produk apa pun yang terkait kerja sama tersebut.

Chip Samsung terbaru itu akan dibuat dengan proses 5nm, yang disebut bakal meningkatkan kemampuannya, terutama pada efisiensi baterai dan kemampuan komputasinya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (11/5/2021).

Nah, Exynos 2200 ini disebut menjadi penantang M1 karena juga akan dipakai di berbagai jenis perangkat. Pada awalnya, chip ini akan dipakai di laptop dengan sistem operasi Windows, namun kemudian bakal dipakai di bermacam perangkat lainnya.

Perangkat lain yang disebut spesifik adalah ponsel, kemungkinan Galaxy S22. Jika benar bakal dipakai ponsel, maka kemungkinan besar ke depannya pun bakal dipakai di perangkat seperti Galaxy Tab S8 dan Galaxy Z Fold Tab.

Langkah serupa sebelumnya dipakai oleh Apple, yaitu dengan merilis M1 pada November dan dipakai di beberapa perangkat Mac, seperti MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini. Kemudian Apple memperluas penggunaan M1 di iPad Pro keluaran 2021.

Sebelumnya, Presiden System LSI Business Samsung Inyup Kang saat peluncuran Exynos 2100 sudah memastikan kalau produk flagship selanjutnya bakal menggunakan GPU dari AMD.

Sayangnya ia tak memastikan apakah GPU AMD itu bakal dipakai di ponsel flagship selanjutnya atau bakal terintegrasi di system on a chip (SoC) flagship Samsung yang selanjutnya. Ia pun tak memastikan kapan tanggal pasti kehadiran GPU AMD itu.



Simak Video "Kelebihan Prosesor AMD Ryzen 5000 Series Generasi Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)