Samsung Tak Terima Toko LG Mau Jualan iPhone

Samsung Tak Terima Toko LG Mau Jualan iPhone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 14:47 WIB
iPhone 12 Pro Max
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Samsung disebut tak terima atas keputusan LG yang bakal menjual iPhone di toko-tokonya setelah mereka mundur dari bisnis ponsel.

Seperti diberitakan sebelumnya, LG kabarnya sedang bernegosiasi dengan Apple untuk menjual iPhone, iPad dan Apple Watch di tokonya. Saat ini LG memiliki lebih dari 400 LG Best Shops di Korsel yang akan memiliki ruang kosong setelah LG tidak lagi menjual ponsel buatannya.

Nah, Samsung dikabarkan tak terima atas keputusan LG yang bakal menguntungkan rivalnya itu. Dasarnya adalah Samsung dan LG punya perjanjian yang ditandatangani pada Mei 2018, yang menyebutkan kalau toko LG hanya boleh menjual ponsel milik LG, dan toko Samsung hanya boleh menjual ponsel Samsung.

Menurut Samsung, menjual iPhone di toko LG adalah pelanggaran dari perjanjian tersebut. Namun LG mengklaim perjanjian tersebut bisa dinegosiasi jika ada perubahan yang besar, dalam hal ini LG yang sudah berhenti berbisnis ponsel.

Namun jika LG menjual iPhone di tokonya, ditakutkan akan berdampak pada distributor ponsel lain, yang sebenarnya pihak yang dilindungi dalam perjanjian tersebut.

Tampaknya yang ditakutkan oleh Samsung adalah market share iPhone yang bisa meningkat jika produk tersebut dijual di toko LG, yang jumlahnya cukup signifikan di Korea Selatan.

Pasalnya saat ini iPhone 12 adalah ponsel 5G dengan pangsa pasar terbesar, mencapai 29,8%, dan Samsung hanya berada di posisi ke-4 dalam market share ponsel 5G, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (28/6/2021).

Belum diketahui kapan kemitraan antara Apple dan LG akan dimulai, tapi beberapa pengamat memperkirakan kerjasama ini akan dimulai pada akhir Juli 2021 setelah LG keluar dari bisnis ponsel sepenuhnya.

Tapi tidak semua produk Apple akan dijual di toko LG. Kedua perusahaan kabarnya bertentangan soal penjualan laptop dan komputer buatan Apple di LG Best Shops. Apple sendiri saat ini baru punya dua Apple Store di Korsel.

Apple ingin bisa menjual laptop dan komputer Mac di toko tersebut. Tapi LG juga menjual laptopnya sendiri, dan merasa akan dirugikan kalau harus menjual laptop dan komputer Apple. Mereka juga tidak akan menyediakan layanan perbaikan untuk perangkat komputer Apple.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)