Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa - Halaman 2

Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 13:21 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan S Pen
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan S Pen Foto: (Samsung)

Galaxy Note 4

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Pada S Pen generasi ke-4, Samsung meningkatkan sensitivitasnya menjadi 2048, dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya. Lalu ada juga fitur Smart Select, yang membuat S Pen bisa 'memilih' teks dari situs atau dokumen.

Fitur Smart Select ini membuat S pen terasa seperti mouse pada PC. Terlebih lagi pengguna juga bisa melakukan copy paste dokumen dengan gesture atau beberapa ketukan dari S Pen.

Fitur lainnya adalah Photo Note, yang membuat S Pen bisa dipakai menambahkan teks pada foto, lalu mengkopi, dan mengubahnya menjadi foto baru.

Galaxy Note 5

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

S Pen pada generasi ini sempat dilanda masalah 'Pengate', di mana ada beberapa pengguna Galaxy Note 5 yang -- entah bagaimana caranya -- bisa memasukkan S Pen secara terbalik, dan tak bisa mengeluarkannya lagi dari ponsel.

Namun selain hal itu, pada generasi ini S Pen sudah dilengkapi mekanisme pop-out di bagian atas untuk mengeluarkan S Pen dari dalam ponsel, layaknya sebuah pulpen. Tombol ini diperlukan karena mulai generasi ini S Pen tak lagi menonjol saat disimpan.

Pada generasi ini pun Samsung mulai mengurangi fitur yang tak banyak digunakan dari S Pen, dan mempertahankan fitur-fitur kuncinya, Seperti S Note, Screen Write, dan Smart Select.

Galaxy Note 7 dan Note 7 FE

Terlepas dari masalah yang mendera seri Galaxy Note 7 ini, S Pen generasi ini sebenarnya punya peningkatan yang signifikan. Seperti sensitivitasnya meningkat jadi 4096, jadi tahan air, dan yang unik adalah S Pen bisa dimasukkan ke ponsel secara terbalik.

Lalu dari segi aplikasi, ada penambahan fitur seperti Animation, di mana pengguna bisa merekam GIF berdurasi 15 detik dengan menggambar bingkai menggunakan S Pen.

Air Command juga mendapat fitur Magnify, di mana pengguna bisa memperbesar tampilan layar sampai dengan 300%. Fitur Translate pun sudah terintegrasi dengan Google Translate, jadi pengguna bisa menerjemahkan kata dengan menyorot kata tersebut.

Halaman selanjutnya: Galaxy Note 8 - Galaxy Note 20...



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]