Samsung Galaxy S20 FE Pakai RAM LPDDR5, Apa Keunggulannya?

Samsung Galaxy S20 FE Pakai RAM LPDDR5, Apa Keunggulannya?

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 01 Okt 2020 08:15 WIB
RAM LPDDR5 Samsung
Foto: dok. Samsung
Jakarta -

Chipset dan perangkat memori merupakan serangkaian perangkat yang menunjang performa smartphone. Kualitas dua komponen ini menentukan seberapa cepat smartphone dapat memproses data untuk menjalankan aplikasi.

Samsung Galaxy S20 Fan Edition (FE) memadukan chipset Exynos990 dengan RAM LPDDR5 8GB yang dikatakan mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Lantas, apa keunggulan dari chipset dan RAM LPDDR5 tersebut?

Berdasarkan keterangan pihak Samsung Indonesia, Exynos990 merupakan chipset dengan kemampuan CPU lebih cepat 25 persen dan GPU lebih baik 15-20 persen dari chipset generasi terdahulu di line-up Galaxy S Series. Adapun pada Galaxy S20 FE ditanamkan CPU dengan 8 inti dan GPU Mali-G77 MP11.

Sementara itu RAM LPDDR5 kapasitas 8 GB di Galaxy S20 FE dapat mencapai pin speed 6.400 MBPS. Jika dibandingkan RAM LPDDR4x, RAM terbaru ini memproses data 1,5 kali lebih cepat. Memori ini memungkinkan transfer data dengan kecepatan maksimal 51,2 GB/s.

Tak hanya unggul dalam hal kecepatan, RAM LPDDR5 juga lebih ramah konsumsi daya. Di atas kertas, RAM LPDDR5 dengan kecepatan lebih tinggi, menyerap daya 20% lebih sedikit dari kebutuhan RAM LPDDR4x. Dengan begitu, Samsung Galaxy S20 FE punya performa yang cepat, tapi bisa mencapai efisiensi daya baterai optimal.

RAM LPDDR5 dapat menjalankan konektivitas 5G dengan lancar. Selain itu, jenis memori tersebut sangat mendukung kinerja teknologi kecerdasan buatan, serta membuat fitur-fitur kamera smartphone bekerja optimal. Maka, tak heran jika Samsung Galaxy S20 FE bisa ditanamkan fitur kamera canggih, seperti 30x Space Zoom, Bright Night Camera, dan Single Take (pengambilan beberapa video dan foto sekali capture).

Samsung Galaxy S20 FE juga punya Neural Processing Unit (NPU) yang telah ditingkatkan kemampuannya dari generasi terdahulu. Alhasil, proses transisi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa berjalan mulus, kualitas gambar saat streaming lebih jernih, dan tentunya bermain game kian lancar.

Samsung Galaxy S20 FESamsung Galaxy S20 FE Foto: Samsung

Samsung Galaxy S20 FE juga dilengkapi dengan sistem konektivitas LTE berkecepatan maksimal 2 Gbps dan WiFi 6 untuk menangkap koneksi internet seoptimal mungkin.

Dukungan komponen berkualitas tinggi membuat Samsung Galaxy S20 FE mumpuni untuk menjawab berbagai kebutuhan penggunanya. Bermain game, membuat konten foto dan video, hingga bekerja multitasking bukan sesuatu yang sulit buat smartphone ini.

Tertarik dengan keandalan smartphone ini? Samsung Galaxy S20 FE kini telah membuka pre-order hingga 8 Oktober mendatang. Samsung Indonesia menetapkan label Galaxy S20 FE seharga Rp 9.999.000. Pemesan di tahap awal akan memperoleh bonus Galaxy Fit2, wireless charger, clear view smart cover dan akses YouTube Premium selama empat bulan. Informasi lengkap dan pemesanan Samsung Galaxy S20 FE dapat diakses di sini.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)