Kapan Apple Ikut Bikin Ponsel Layar Lipat?

Duel Ponsel Layar Lipat

Kapan Apple Ikut Bikin Ponsel Layar Lipat?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 20 Sep 2020 13:23 WIB
Raksasa teknologi Apple mencatatkan rekor baru. Perusahaan asal Cupertino, AS, itu kini memiliki valuasi sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 29.400 triliun (kurs Rp 14.700).
Kapan Apple Ikut Bikin Ponsel Layar Lipat? (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Beberapa tahun belakangan ponsel layar lipat menjadi tren baru di pasar ponsel dunia. Vendor-vendor seperti Samsung, Huawei dan Motorola sudah meluncurkan ponsel layar lipat dengan mekanisme dan bentuk yang berbeda.

Tapi ada satu vendor besar yang terlihat absen di tengah ramainya tren ini yaitu Apple. Apple memang telah beberapa kali dirumorkan sedang mengembangkan ponsel layar lipat, tapi sampai saat ini perangkat tersebut belum kunjung diluncurkan.

Padahal vendor seperti Samsung dan Motorola bahkan sudah meluncurkan ponsel layar lipat generasi keduanya. Lalu sudah sejauh apa upaya Apple mengembangkan iPhone layar lipat, dan kapan perangkat ini akan diluncurkan?

Rumor iPhone layar lipat

Rumor tentang iPhone layar lipat sebenarnya sudah beredar sejak tahun 2016, ketika LG Display dikabarkan akan memproduksi layar lipat untuk ponsel di tahun 2018, seperti dikutip dari MacRumors, Minggu (20/9/2020). Beberapa vendor yang dikabarkan akan menggunakan display ini adalah Apple dan Google.

Pada tahun 2017, rumor ini tetap kencang berhembus, dan mengindikasikan bahwa Apple bermitra dengan LG untuk mengembangkan iPhone dengan layar lipat. Saat itu LG memang sudah memiliki beberapa prototipe display layar lipat dengan panel OLED, termasuk yang bisa dilipat seperti buku dan yang bisa digulung seperti koran.

Corning sebagai salah satu supplier Apple juga sedang mengembangkan display layar lipat. Ada rumor yang menyebut Apple baru akan merilis ponsel layar lipat saat Corning sudah merilis Gorilla Glass yang bisa dilipat.

Lalu pada tahun 2019, Samsung menawarkan untuk menyediakan display layar lipat kepada Apple untuk digunakan oleh iPhone masa depan. Belum lama ini, Apple bahkan sudah memesan sejumlah sampel layar lipat dari Samsung.

Jika lancar, Apple bakal meneken kontrak selama satu tahun dengan Samsung untuk mendapat panel layar lipat tersebut.

Pembocor gadget Jon Prosser mengklaim bahwa perusahaan besutan Steve Jobs tersebut sedang mengembangkan prototipe iPhone layar lipat yang menggunakan dua layar terpisah yang terhubung dengan engsel, bukan layar yang menyatu seperti yang digunakan Samsung Galaxy Fold.

Engsel yang digunakan perangkat Apple ini disebut sebagai 'fabric hinge'. Meski memiliki dua layar yang terpisah, perangkat ini dirancang agar saat dibuka tampilan layarnya terlihat menyatu dan tidak terlihat seperti dua panel terpisah.

Perangkat itu disebut akan memiliki sisi membulat yang terbuat dari stainless steel seperti iPhone 11. Meski tidak memiliki notch, perangkat ini akan memiliki 'dahi kecil' di layarnya untuk menaruh sensor Face ID.