Kerja dan Kuliah Online Pakai Smartphone, Ini yang Mesti Diperhatikan

Kerja dan Kuliah Online Pakai Smartphone, Ini yang Mesti Diperhatikan

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 14 Agu 2020 19:34 WIB
Galaxy Note 20
Smartphone mumpuni bikin kerja dan kuliah online lancar. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Kerja ataupun kuliah online kini bisa mengandalkan smartphone. Hanya saja ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Layar Besar

Disarankan menggunakan layar yang besar agar pandangan jauh lebih nyaman, seperti yang dimiliki Galaxy Note20 series. Samsung membuat Galaxy Note20 punya bentangan 6,7 inch, sementara Galaxy Note20 Ultra hadir dalam ukuran 6,9 inch.

Dengan ukuran layar tersebut membuat konten yang tersaji dapat jelas dilihat dan dibaca. Apalagi penggunaan panel Super AMOLED+ pada Galaxy Note20 dan Dynamic AMOLED 2X mampu menyajikan gambar dengan warna yang tajam dan detail.

Baterai Besar

Rapat atau perkuliahan online menggunakan video conference cepat menguras daya baterai. Agar tidak terkendala sebaiknya menyiapkan ponsel dengan kapasitas baterai besar dan tahan lama.

Galaxy Note20 misalnya punya baterai 4.300 mAh, sementara Galaxy Note20 Ultra lebih besar, yakni 4.500 mAh. Keduanya dibekali fitur AI yang membuat konsumsi daya dapat lebih hemat.

Bila pun habis, teknologi pengisian daya 25W membuat proses charging 50% hanya butuh 30 menit. Sementara mengisi penuh baterai dalam waktu 80 menit saja.

Galaxy Note 20Galaxy Note20 Ultra (kiri) dan Galaxy Note20 (kanan) Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Agar proses kerja dan kuliah lancar disarankan menggunakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Galaxy Note20 series misalnya, Samsung membekali Exynos 990 yang dengan fabrikasi 7. Membawa peningkatan 19% pada performa CPU dan 13% di GPU dibandingkan Exynos seri sebelumnya.

Ditambah lagi Galaxy Note20 menggunakan RAM 8GB LPDDR5. Jenis ini memiliki performa tinggi dari pendahulunya. Kecepatannya mencapai 6.400 Mbps atau 1,5 kali lebih cepat. Transfer datanya mencapai 51,2 Gbps, penggunaan daya pun 30% lebih irit.

Perpadukan Exynos 990 dengan RAM 8GB LPDDR5 menjamin performa Galaxy Note20 series ngebut untuk beragam tugas.

Multitasking

Menggunakan ponsel yang mendukung multitasking agar makin memudahkan kerja atau kuliah online. Seperti saat menggunakan Galaxy Note20 series, ponsel ini punya fitur Wireless Samsung DeX untuk terhubung dengan Smart TV tanpa kabel.

Nantinya video conference bisa ditampilkan di layar televisi, sementara pengguna bisa melakukan pencatatan materi di Galaxy Note20 series menggunakan S Pen. Apa yang dituliskan dapat dikonversi menjadi teks sehingga makin memudahkan menyelesaikan tugas.



Simak Video "Meski Berprosesor Sama, Ini Bedanya Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)