Kebolehan Si Gahar Galaxy Note20 Ultra

Kebolehan Si Gahar Galaxy Note20 Ultra

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 11 Agu 2020 19:10 WIB
Samsung Galaxy Note 20 Ultra
Galaxy Note20 Ultra. Foto: Samsung
Jakarta -

Sebagai ponsel premium flagship, jelas Galaxy Note20 Ultra dibekali spesifikasi kelas wahid. Tapi tidak hanya itu, banyak kebolehan dimilikinya yang membuat siapapun bakal kepincut dengan ponsel gahar ini.

Layar Memanjakan Mata

Galaxy Note20 Ultra membawa bentangan cukup luas. Memiliki ukuran 6,9 inch dengan resolusi 1.440 x 3.088 pixel. Mengusung Infinity-O Display membuat rasionya mencapai 92,5%.

Samsung menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x, menyuguhkan gambar kaya warna, tajam dan detail. Menggunakan Adaptive Refresh Rate 120 Hz, tidak saja membuat apa yang disajikan di layar tampak halus, teknologi ini bikin hemat konsumsi daya.

Layar ponsel ini punya touch sampling rate 240Hz sehingga menghadirkan tingkat respon sentuhan yang cepat, baik saat mengoperasikannya dengan jari ataupun S Pen.

Performa Ngebut

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy Note20 Ultra dibekali dengan chipset Exynos 990 yang dengan fabrikasi 7 nm. Membawa peningkatan 19% pada performa CPU dan 13% di GPU dibandingkan Exynos seri sebelumnya.

Kendati RAM yang disematkan di Galaxy Note20 Ultra ini berukuran 8 GB, hanya saja menggunakan LPDDR5. Jenis ini memiliki performa tinggi dari pendahulunya. Kecepatannya mencapai 6.400 Mbps atau 1,5 kali lebih cepat. Transfer datanya mencapai 51,2 Gbps, penggunaan daya pun 30% lebih irit.

Perpadukan Exynos 990 dengan RAM 8GB LPDDR5 menjamin performa Galaxy Note20 Ultra ngebut untuk beragam tugas, termasuk main game berat sekalipun. Makin lengkap ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas 4.500 mAh. Menggunakan AI membuat konsumsi daya jauh lebih hemat dan dengan dukungan pengisian cepat 25W bikin baterai terisi 50% hanya dalam 30 menit saja.

Pro-Grade Camera

Samsung membekali Galaxy Note20 Ultra dengan Pro-Grade Camera. Bagian belakang tersemat kamera utama berukuran 108 MP, bersanding dengan lensa Ultra Wide 12 MP dan kamera Telephoto 12 MP.

Vendor asal Korea Selatan ini mengadopsi sistem periskop pada kamera Telephoto. Alhasil membawa kemampuan zoom optic hingga 5x dan hybrid zoom 50x.

Galaxy Note 20 UltraKamera belakang Galaxy Note20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Video sinematik pun bisa dihasilkan lewat kamera belakang ponsel ini. Sebab ada opsi merekam video 8K dengan rasio 21:9 dan mode 24fps. Tidak ketinggalan ada mode Pro Video yang punya pengaturan lengkap, mulai dari Pro-Grade Focus, audio, exposure, lighting, zoom tools, hingga opsi rekam 120fps dengan opsi FHD.

Kamera bagian depan berukuran 10 MP. Bisa diandalkan saat video conference atau membuat konten untuk media sosial.

Produktivitas Maksimal

Galaxy Note series seolah dilahirkan memang untuk menunjang produktivitas pengguna. Di Galaxy Note20 Ultra, Samsung menyertakan banyak sekali peningkatan.

S Pen paling utama, latensinya ditingkatkan dari 42ms menjadi 9ms. Ini menghadirkan pengalaman seperti menulis di atas kertas menggunakan pena sungguhan.

Stylus ini masih bisa digunakan untuk pointer presentasi. Demikian pula Air Action, namun Samsung meningkatkan kemampuannya.

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note 20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk corat-coret, dihadirkan Samsung Notes yang kini tersinkron dengan banyak perangkat. Jadi ketika membuat catatan di Galaxy Note20 Ultra, pengguna nantinya bisa mengaksesnya di desktop.

Samsung masih melengkapi DeX di Galaxy Note20 Ultra yang membuat pengguna bisa melakukan multitasking dengan gampang. Tapi yang menarik, DeX bisa tersambung dengan televisi pinta secara wireless alias tanpa kabel.

Satu lagi yang tidak kalah menarik, fitur Link to Windows diperbarui. Membuat pengguna bisa mengakses aplikasi di Galaxy Note20 Ultra lewat layar Windows 10. Jadi kamu bisa membalas pesan WhatsApp atau order makanan secara online lewat komputer sembari bekerja.

Galaxy Note20 Ultra saat ini sudah dapat dipesan di Indonesia lewat situs GalaxyLaunchPack.com atau ecommerce yang menjadi partner. Samsung membanderol harganya Rp 17.999.000 untuk versi RAM 8 GB/ROM 256 GB.

Sementara varian RAM 8 GB/ROM 512 GB dilepas Rp 19.999.000. Ada tiga pilihan warna yang dihadirkan, yakni Mystic Bronze, Mystic Black, Mystic White. Pre order digelar 6 hingga 19 Agustus. Setiap pemesan akan diberikan gratis Galaxy Buds Live.



Simak Video "Meski Berprosesor Sama, Ini Bedanya Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)