Deretan Fitur yang Ditiru iOS dari Android, dan Sebaliknya

Deretan Fitur yang Ditiru iOS dari Android, dan Sebaliknya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 15:42 WIB
Tampilan Home Screen di iOS 14
Deretan Fitur yang Ditiru iOS dari Android, dan Sebaliknya (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Android dan iOS sudah bertahun-tahun jadi sistem operasi populer untuk perangkat ponsel pintar, dan seringkali keduanya 'saling meniru' fitur. Apa saja?

Soal fitur di sistem operasi ini, meniru, atau ada juga yang menyebutnya sebagai mencuri, tak selalu bisa dibilang adalah hal buruk. Apalagi untuk pengguna, karena bagaimana pun juga mereka akan selalu diuntungkan dengan hadirnya fitur baru.

Lagipula, biasanya fitur yang ditiru itu penerapannya bisa lebih baik dibanding OS yang pertama menerapkannya.

1. Widget home screen
Widget selama bertahun-tahun adalah keunggulan -- atau sekadar hal berbeda -- dari Android dibanding iOS. Di mana pengguna bisa menambahkan bagian dari aplikasi ke dalam home screen, jadi pengguna tak perlu membuka aplikasinya untuk melihat informasi yang dibutuhkan, seperti kalender, informasi cuaca, dan sebagainya.
Namun Apple kemudian memberikan fitur ini di iOS 14, dan penerapan widget di iOS 14 harus diakui memang lebih matang ketimbang di Android.

2. Gesture navigation
Pada 2017 Apple menghilangkan tombol Home andalan mereka dari iPhone, yaitu iPhone X. Mereka memperkenalkan cara baru navigasi menu di ponsel, yaitu dengan gesture, di mana pengguna bisa mengakses home screen, recent apps, dan lainnya dengan melakukan gerakan tertentu di layar.

Fitur ini kemudian 'dipinjam' oleh Google untuk Android, tepatnya mulai Android 9 Pie yang dirilis pada 2018, dan dilanjutkan di Android 10 dan 11.

3. App drawer
Selama bertahun-tahun, aplikasi yang diinstal di iOS akan muncul di home screen perangkat. Satu-satunya cara untuk menyembunyikannya adalah dengan memasukkannya ke dalam folder. Sementara Android punya app drawer yang terpisah dari home screen yang membuat tampilannya bisa lebih bersih. Apple pun menerapkan teknik serupa di iOS 14 dengan fitur yang bernama App Library.

4. Notification badges
Apple punya cara untuk menampilkan notifikasi dari aplikasi yang simpel namun tetap mudah dilihat, yaitu dengan bulatan kecil berwarna merah pada logo aplikasi. Fitur ini pun kemudian ditiru Google saat mereka merilis Android 8 pada 2017.

5. Keyboard swipe
Pengguna Android sudah lama bisa menikmati fitur swipe keyboard, yaitu dengan 'menyapu' tombol keyboard untuk mengetik berdasarkan prediksi. Sementara Apple baru menyediakan fitur ini di iOS 13 yang dirilis 2019.



Simak Video "6 Fitur Baru WhatsApp: Cari Chat Sesuai Tanggal hingga Cari Gambar di Web"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)