Sudah Saatnya Apple Banyak Meniru Android

Sudah Saatnya Apple Banyak Meniru Android

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 22:40 WIB
iOS 14
Pengelompokan aplikasi, salah satu fitur iOS 14. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Cukup banyaknya fitur di sistem operasi iOS 14 yang mirip Android menjadi bahasan hangat media teknologi di mancanegara. Ada pendapat memang sudah saatnya Apple melakukan itu agar iOS 14 lebih segar dan tak ketinggalan zaman.

"Menambah widget, mode picture in picture, dan kemampuan menghapus seluruh homescreen mungkin bukan terobosan, tapi sebenarnya adalah perubahan besar dalam hal orang menggunakan iPhone mereka dan itu merupakan perubahan penting untuk Apple," tulis Tech Radar.

Selama ini, home screen Apple memang terlihat sederhana. Sedangkan homescreen di ponsel Android bisa banyak dikustomisasi sesuai kemauan penggunanya. Nah sekarang di iOS 14, layar iPhone pun bisa banyak diubah walaupun tetap tidak sama leluasa dibandingkan Android.

Apple dianggap mulai mengikuti perkembangan zaman di mana simplisitas saja tidak cukup. Pengguna smartphone masa kini menginginkan lebih dari itu.

"Dengan menambahkan widget yang bisa diubah, Apple mengadopsi salah satu fitur fundamental yang membuat Android fun dan Anda mungkin bertanya-tanya kenapa butuh waktu sedemikian lama," tambah Tech Radar yang dikutip detikINET.

"Meski user Android mungkin riuh karena Apple sekarang memasukkan fitur yang sudah lama ada di ponsel mereka, Apple akan berargumentasi bahwa waktunya sudah pas untuk menawarkan user lebih banyak opsi kustomisasi," tambah mereka.

"Pada intinya, Apple telah memberikan pujian terbesar yang mereka bisa buat Android, sekarang mari kita lihat bagaimana nantinya hal ini di dunia smartphone," pungkas mereka.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)