Walau 'Nyontek' Android, Widget Apple Dinilai Lebih Oke

Walau 'Nyontek' Android, Widget Apple Dinilai Lebih Oke

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 07:30 WIB
Widget iOS 14
Cara pakai Widget di iOS 14. Foto: Apple
Jakarta -

Fitur Widget akhirnya diperkenalkan oleh Apple ke iOS 14. Walau nyontek Android, widget di iOS baru ini disebut punya beberapa kelebihan. Apa saja?

Widget sudah menjadi bagian Android sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Apple baru memberikannya sekarang alias 12 tahun berselang.

Memang sudah menjadi kebiasaan Apple memberi fitur jauh sesudah platform lain menyediakannya, dan biasanya mereka mencoba memperbaikinya. Demikian pula dengan fitur widget di iOS punya beberapa perbedaan dari Android, bahkan mungkin lebih baik.

"Sudah lama sejak Google melakukan hal serius pada widget. Apple menunjukkan betapa berguna widget dengan perspektif baru yang tidak ada di Android," tulis XDA Developers.

Jadi apa yang beda? Fitur bernama widget stacks di iOS 14 bisa menampung sampai 10 widget di satu tempat. Artinya, user bisa mengganti widget sesuai keinginannya dengan mudah, cukup dengan swipe.

Selain itu ada Smart Stack di mana perangkat Apple dapat menampilkan secara otomatis widget yang dianggap relevan bagi user. Misalnya pada pagi hari, widget yang ditampilkan adalah informasi berita, kemudian berganti menjadi widget fitness pada akhir hari.

Sama seperti di Android, widget di iOS juga memiliki ukuran berbeda dan bisa dipilih dengan mudah. Selain itu, tentu saja dalam beberapa bulan ke depan, developer pihak ketiga akan ikut menyediakan widget di iOS 14.



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)