7 Fitur iOS 14 yang 'Jiplak' Android

WWDC 2020

7 Fitur iOS 14 yang 'Jiplak' Android

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 23 Jun 2020 14:00 WIB
iOS 14
iOS 14. Foto: Apple
Jakarta -

Beragam fitur diumumkan Apple untuk iOS 14, dalam perhelatan Apple Worldwide Developers Conference edisi 2020. Setelah diamati, beberapa telah ada di sistem operasi Android. Apa sajakah? Berikut rangkumannya yang dikutip detikINET dari Cnet:

Translate

Di iOS 14, Apple memperkenalkan aplikasi penerjemah bahasa atau Translate versi baru dengan kemampuan dapat menerjemahkan percakapan secara real time. Ia bisa saling menerjemahkan 11 bahasa, termasuk bahasa Inggris, Mandarin, China, Jerman dan Korea.

Nah itu bukan sesuatu yang baru di Android. Sampai Maret 2020, aplikasi Translate bersutan Gogole bisa menerjemahkan obrolan dalam 8 bahasa, juga secara real time alias seketika.

Apple TranslateApple Translate Foto: Apple

Widget

Dengan sistem operasi iOS 14, homescreen di perangkat Apple akan memasukkan widget, misalnya memungkinkan user melihat informasi cuaca secara lebih lengkap. Sebelum ini, pengguna iPhone hanya dapat melihat aplikasi di layar utama.

Di Android, fitur widget sudah ada sejak sangat lama. Malahan fitur ini sudah ada sejak Android diluncurkan pada tahun 2008 atau 12 tahun silam.

iOS 14Widget. Foto: Apple

App Library

Fitur baru lain di home screen yang dibawa oleh iOS 14 disebut sebagai App Library. Fitur ini membuat user dapat mengorganisir aplikasi menjadi grup atau daftar yang sesuai. Selain itu, user juga dapat menyembunyikan aplikasi dari homescren utama.

Fitur-fitur tersebut mirip dengan di Android dan sudah lama ada. Beragam aplikasi di homescreen Android sudah biasa dikelompokkan berdasarkan jenisnya atau kemauan pengguna. Aplikasi juga dapat disembunyikan di drawer.

iOS 14App Library. iOS 14 Foto: Apple