Pasar Smartphone Diprediksi Lebih Bergairah Tahun Depan

Pasar Smartphone Diprediksi Lebih Bergairah Tahun Depan

Kris Fathoni W - detikInet
Jumat, 02 Agu 2019 11:45 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Sebuah laporan teranyar memprediksi kecenderungan penjualan smartphone tahun ini, termasuk mengestimasi adanya pertumbuhan lebih besar tahun depan.

Sebagaimana diwartakan GSM Arena, Gartner Research meyakini bahwa jumlah penjualan smartphone secara total pada tahun 2019 akan mengalami penurunan sekitar 2,5 persen dibandingkan sepanjang tahun lalu.




Secara terperinci, menilik kecenderungan sampai dengan melewati pertengahan tahun 2019, Gartner memprediksi angka pengapalan smartphone sepanjang tahun ini akan berada di kisaran angka 1,517 miliar unit.

Tahun Depan, Pasar Smartphone Diprediksi Lebih BergairahFoto: dok. Gartner via GSM Arena

Menilik lebih jauh data Gartner berdasarkan wilayah, penurunan terbesar akan terjadi di Jepang yang jumlah pengapalannya turun lebih dari 6,5 persen dibandingkan sepanjang tahun lalu.

Disebutkan bahwa pada pasar-pasar yang sudah matang, pasar smartphone high end secara khusus sudah kelewat penuh. Rata-rata harga jualnya pun lebih tinggi walaupun unit itu tidak menawarkan hal atau pengalaman baru yang dapat menggoda pengguna untuk upgrade.




Sehubungan dengan itu, para analis memprediksi permintaan pasar terhadap smartphone baru akan menurun di paruh kedua 2019. Kemunculan perangkat 5G pun belum mampu mengatrol minat pengguna di sisa tahun ini.

Barulah pada tahun depan, pasar smartphone diprediksi bergairah lagi. Gartner mengestimasi, jumlah pengapalan smartphone sepanjang tahun 2020 akan naik 2,83 persen dibandingkan tahun ini.

"Pertumbuhan ini akan didorong oleh ketersediaan jaringan 5G secara lebih luas dan smartphone-smartphone pendukung dari para manufaktur papan atas."


(krs/fyk)