Senin, 14 Mei 2018 06:04 WIB

Vendor Android Dipaksa Rilis Update Keamanan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi fitur Android P. Foto: Google Ilustrasi fitur Android P. Foto: Google
Jakarta - Salah satu masalah bagi perangkat Android adalah terlalu banyak vendor yang membuat ponselnya. Tak semua dari mereka rajin memperbarui keamanan Androidnya.

Google berusaha mengubah hal tersebut dengan memasukkan klausul pembaruan keamanan Android ke dalam perjanjiannya dengan vendor pembuat ponsel Android.



Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (14/5/2018), hal ini diutarakan oleh Head of Android Security Google David Kleidermacher dalam gelaran Google I/O 2018 lalu.

Menurut Kleidermacher, pabrikan Android harus melakukan hal ini jika mereka tetap ingin membuat ponsel berbasis Android, karena kewajiban memberikan update keamanan dimasukkan ke dalam surat perjanjian kerja sama mereka.

"Kami sudah memasukkan masalah pembaruan keamanan ke dalam perjanjian dengan OEM. Sekarang ini kami akan meningkatkan secara masif jumlah perangkat pengguna yang menerima pembaruan keamanan secara reguler," ujar Kleidermacher.



Hal ini diharapkan bisa meningkatkan keamanan Android yang selama ini jadi satu kelemahan sistem operasi milik Google tersebut, terutama dibandingkan dengan pesaing utamanya Apple.

Seperti diketahui, Apple terkenal akan tingkat keamanan sistemnya yang tinggi, meski tetap saja masih ditemukan celah keamanan di sistem operasinya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed